Dikukuhkan Sebagai Ketua IPHI, Sobirin Bangun Klinik Kesehatan

Wartakutim.co.id, Sangatta – Tak mau berleha-leha setelah dikukuhkan menjadi Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kutim periode 2022-2026, H. Sobirin Bagus langsung bergerak untuk membentuk kepengurusan IPHI tingkat kecamatan. Target tersebut dianggap realistis mengingat hari ini, telah memasuki waktu di pertengahan tahun.

“Kami membentuk sepuluh Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia tingkat kecamatan, dari 18 kecamatan yang ada di Kutim. Mengapa hanya sepuluh? Mengingat waktu yang begitu sempit, karena sudah melewati pertengahan tahun 2022. Terlebih dengan berbagai kesibukkan, maka akan kami selesaikan di sepuluh kecamatan terlebih dahulu,” ujar anggota DPRD Kabupaten Kutai Timur.

IPHI memiliki peran strategis dalam pembinaan dan pemberdayaan umat, baik pada masa lalu, masa kini, maupun pada masa yang akan datang serta ikut berpartisipasi aktif dalam membangun umat muslim baik lewat kegiatan sosial, pendidikan maupun ekonomi.

“Kami segera menyiapkan cikal bakal, Rumah Sakit IPHI Kutim. Dengan terbentuknya Klinik Kesehatan IPHI Kutim yang bertempat di Jl Pendidikan di samping Gg. Mentari Sangatta Utara. Posisi klinik tersebut berdampingan dengan Pondok Pesantren Aura Panca Bhakti.IPHI Kutim bertekad untuk membimbing, mengarahkan, bahkan meningkatkan semua haji dalam lingkaran haji mabrur,” jelas politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut.

 

IPHI memiliki tiga fungsi, pertama sebagai wahana penghimpun potensi para haji Indonesia, penyerap dan penyalur aspirasi umat. Kedua, sebagai organisasi kemasyarakatan turut serta menyukseskan program pembangunan bangsa dan ketiga adalah sebagai sarana untuk mempererat ukhuwah Islamiyah sesama umat.

Hal tersebut mendesak dilakukan sebab beberapa persoalan yang dihadapi oleh umat Islam saat ini adalah kemiskinan, kebodohan dan bahkan keterbelakangan. Untuk itu, IPHI perlu ikut berpartisipasi aktif untuk mengatasinya, sebab pengurus dan anggota IPHI pada umumnya adalah golongan mampu serta memiliki kepedulian sosial yang tinggi. (ADV-DPRD/Imr/Wal)