Kasatpol : Tegakkan Peraturan Daerah untuk Keamanan & Ketertiban Umum

 

Wartakutim.co.id, Sangatta – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) memiliki tugas untuk membantu Pimpinan Daerah, dalam melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas membantu pada bidang pembinaan masyarakat. Selain itu juga bertugas dalam menjaga ketertiban umum, ketentraman, melakukan penegakan Peraturan Daerah (Perda) hingga perlindungan masyarakat.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kutai Timur Didi Herdiansyah menerangkan jika pihak Satpol PP merupakan salah-satu elemen dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Sehingga dalam waktu tertentu, ia seringkali melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) pada lokasi-lokasi anggotnya ditugaskan melakukan penjagaan.

“Dari banyak tugas yang diemban oleh anggota Satpol PP, antara lain ialah memberikan rasa aman kepada para pejabat maupun masyarakat atau publik. Untuk itu kami tempatkan atau distribusikan staf-staf Satpol PP, ke berbagai lokasi atau tempat untuk menjaga ketertiban umum,” ujarnya, usai menyidak kesiapan anggota Satpol PP pada Senin (14/11/2022)

“Kita tempatkan pada area-area pelayanan publik, mulai dari Setkab, kantor Disdukcapil, Dinas Pendikan, Bappeda, termasuk pula di rumah jabatan Bupati dan Wakil Bupati. Tidak hanya itu, penempatan dan penjagaan ketertiban juga dilakukan Satpol PP di lokasi-lokasi yang berkenaan dengan fasilitas umum yang dinikmati masyarakat,” jelas mantan Camat Sangatta Utara ini.

Kasatpol PP Kutim menghimbau kepada masyarakat untuk sama-sama menjaga ketertiban umum, terutama di area Komplek Perkantoran Bukit Pelangi Sangatta. Terlebih telah dibuka beberapa akses fasilitas umum yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di Bukit Pelangi, seperti lokasi taman-taman hingga lapangan helipad yang posisinya berada di tengah-tengah gedung eksekutif maupun legislatif berada.

“Kita meminta kepada masyarakat untuk sama-sama menjaga ketertiban umum pada area-area terbuka di Komplek Perkantoran Bukit Pelangi. Satpol PP juga menggelar operasi keliling baik anggota perseorangan hingga berkelompok menggunakan mobil patroli,” ungkap Didi Herdiansyah. (ADV-KOMINFO/Imr/Wal)