Berita

Wakil Ketua I DPRD Kutim Minta PD Lebih Optimal Dalam Melaksanakan Tugasnya

275
×

Wakil Ketua I DPRD Kutim Minta PD Lebih Optimal Dalam Melaksanakan Tugasnya

Sebarkan artikel ini

WARTAKUTIM.CO.ID,SANGATTA – Wakil Ketua DPRD Kutai Timur, Asti Mazar, meminta agar Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) dapat memaksimalkan dukungan anggaran yang saat ini tersedia. Dengan anggaran yang cukup besar, diharapkan dapat mempercepat pemerataan pembangunan di seluruh wilayah 18 Kecamatan yang ada.

Asti mengharapkan setiap Perangkat Daerah (PD) dapat lebih optimal dalam melaksanakan tugasnya, termasuk menyelesaikan semua program yang telah ditetapkan. Dia mengingatkan pengalaman pada tahun anggaran sebelumnya, di mana Pemkab Kutim memiliki Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (Silpa) sebesar Rp 2,8 triliun yang tidak dapat diserap secara maksimal.

Sebagai anggota DPRD, Asti menyebut bahwa tugas mereka adalah memastikan agar hal ini tidak terjadi lagi pada tahun ini (2023) dan masa mendatang. Mereka akan mengawal dan berjuang agar dukungan anggaran yang tersedia dapat dimanfaatkan dengan baik.

Asti juga menekankan pentingnya Pokok Pikiran (Pokir) dalam Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ). Pokir merupakan usulan yang diajukan oleh anggota DPRD berdasarkan aspirasi masyarakat. Hal ini juga menjadi bagian penting yang harus direalisasikan.

Selain itu, Asti mencatat bahwa pembangunan infrastruktur, terutama jalan, baru mencapai 26 persen dari target yang ingin dicapai oleh pemerintah daerah, yaitu 50-60 persen. DPRD akan mengawasi dan berjuang untuk memastikan pembangunan tersebut dapat direalisasikan dengan baik.

Dengan dukungan anggaran yang optimal dan perhatian terhadap aspirasi masyarakat, diharapkan pembangunan di Kabupaten Kutai Timur dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat bagi seluruh warga. (adv)