BeritaRagam

Empat Varietas Hortikultura Fokus Dikembangkan DTPHP

576
×

Empat Varietas Hortikultura Fokus Dikembangkan DTPHP

Sebarkan artikel ini

Wartakutim.co,id, Sangatta – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur melalui Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH), melaksanakan pengembangan varietas hortikultura pada tahun 2023.

Ada empat varietas yang dianggap cocok untuk dikembangkan di Kutai Timur, dengan harapan komoditi tersebut mampu meningkatkan produksi hingga pendapatan petani di masa mendatang.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Dyah Ratnaningrum menerangkan, keempat varietas itu antara lain pisang, nanas, bawang merah dan cabai.

“Kita fokus mengembangkan keempat varietas tersebut, tentu kedepannya akan dilanjutkn dengan varietas lainnya. Selain akan memberi kontribusi lebih pada daerah, utamanya memberi nilai tambah bagi petani,” tukas wanita berjilbab ini, pada Rabu (2/8/2023).

Sehingga dengan melakukan terobosan yang baik, diharaoakan pihak Direktur Jendral (Dirjen) Hortikultura dapat berkunjung ke Kutim. Diterangkan lebih lanjut oleh Kepala DPTPH, Kutim bahkan telah memiliki varietas hortikultura andalan, yakni pisang kepok grecek dan nanas madu.

“Kita optimis hingga akhir 2023, ekspor pisang kepok grecek terus meningkat, yang juga diiringi untuk komoditas lainnya. Kutim memiliki lahan seluas 5.000 hektar kebun pisang lantas diikuti nanas madu,” jelasnya. (Wal/adv)