BalikpapanBeritaKaltim

Diskominfo Kaltim Sosialisasikan Inovasi Penatausahaan Keuangan

206
×

Diskominfo Kaltim Sosialisasikan Inovasi Penatausahaan Keuangan

Sebarkan artikel ini

Wartakutim.co.id, Balikpapan – Upaya pengelolaan keuangan daerah yang efisien, ekonomis, efektif, transparan dan bertanggung jawab menjadi fokus Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Timur.

Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, Diskominfo mengadakan sosialisasi tentang Penatausahaan Keuangan dan Pemanfaatan Aplikasi Transaksi Keuangan Pemerintah (ATKP) Daerah Bank Kaltimtara 2023.

Sosialisasi ini dipimpin oleh Edi Hermawanto Noor, Sekretaris Diskominfo Kaltim dan diadakan di Hotel Astara, Balikpapan, pada Rabu (23/8/2023).

Acara ini dihadiri oleh Peserta Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), Bendahara Pengeluaran, dan operator di bawah naungan Diskominfo Kaltim. Adapun narasumber Kepala Bidang Perbendaharaan BPKD Prov Kaltim, Rahmat Ramadhan serta Ester selaku perwakilan Bank Kaltimtara.

Edi (sapaan akrab), menjelaskan bahwa ATKP Bank Kaltimtara merupakan layanan perbankan elektronik yang dipersembahkan oleh Bank Kaltimtara untuk mempermudah dan mempercepat pengelolaan keuangan daerah.

“Layanan ATKP Bank Kaltimtara adalah aplikasi daring yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan transaksi perbankan. Aplikasi ini akan sangat membantu pengguna, terutama Perangkat Daerah (PD), dalam melakukan transaksi non tunai, seperti transfer kepada penyedia jasa atau rekanan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Edi juga menambahkan bahwa integrasi dengan ATKP Bank Kaltimtara akan membawa efisiensi dalam penggunaan waktu dan sumber daya, serta akan meningkatkan akuntabilitas laporan bendahara. Langkah ini sejalan dengan upaya tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel berbasis teknologi informasi, untuk memperkuat struktur birokrasi dalam penyediaan layanan pengelolaan keuangan daerah yang lebih mudah.

“Selamat atas pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini, semoga dapat berjalan dengan lancer dan baik serta memberikan hasil yang bermanfaat,” harapnya. (Pt/Wal)