BeritaPolitik

Terdapat 1 Juta Pemilih Milenial di Kalimantan Timur

165
×

Terdapat 1 Juta Pemilih Milenial di Kalimantan Timur

Sebarkan artikel ini

Wartakutim.co.id, Samarinda – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Timur (KPU Kaltim) telah menetapkan rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu Tahun 2024.

Ketua KPU Kaltim Rudiansyah menjelaskan, jumlah pemilih yang terdaftar dalam DPT Provinsi Kaltim sebanyak 2,7 juta orang. Jika dirinci dari kategori usia, pemilih milenial mendominasi sekitar 37 persen atau sebanyak 1 juta pemilih. Lalu generasi di bawahnya, Gen Z usia 26 tahun ke bawah sebanyak 670 ribu pemilih.

Rudi menyebut, dengan potensi pemilih muda itu maka para peserta pemilu dapat lebih mengoptimalkan pemanfaatan ruang digital dalam masa kampanye. Baik untuk memperkenalkan calon peserta pemilu, menyampaikan visi dan misi, serta menarik simpatisan pemilih.

“Kecenderungan para milineal dan gen Z ini, mereka lebih banyak menerima dan mencari infomasi dari media digital. Jadi sudah kurang efisien rasanya, penggunaan alat peraga kampanye seperti spanduk dan baliho untuk menarik perhatian para calon pemilih muda,” ungkap Rudi saat menyampaikan materi tentang kepemiluan dalam Rapat Koordinasi Forkopimda yang dipinpin Gubernur Kaltim, beberapa waktu lalu.

Sementara pada kategori usia lain, pemilih pra boomer usia 78 tahun ke atas sebanyak 21 ribu orang, baby boomer usia 59-77 tahun sebanyak 285 ribu pemilih dan gen X usia 43-58 tahun sebanyak 773 ribu pemilih.

Jumlah pemilih Kaltim tersebar di 10 kabupaten/kota dengan rincian pemilih laki-laki sebanyak 1,7 juta orang dan pemilih perempuan sebanyak 1,3 juta orang.

Adapun Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilu 2024 di Provinsi Kaltim ada sebanyak 11.441 TPS yang tersebar di tiap desa/kelurahan. Rudi kembali mengingatkan kepada para pemilih terdaftar untuk menyalurkan hak pilihnya pada 14 Februari 2024 mendatang. (Krv/Kom/Wal)