Berita

Jimmi : Potensi Luas Wilayah dan Sumber Daya Alam Menarik Investasi pada Sektor Unggulan

284
×

Jimmi : Potensi Luas Wilayah dan Sumber Daya Alam Menarik Investasi pada Sektor Unggulan

Sebarkan artikel ini

WARTAKUTIM.CO.ID,SANGATA – Kutai Timur, sebuah kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur, menjadi fokus perhatian berkat potensi besar yang dimilikinya pada sektor-sektor seperti pertanian, perkebunan, perikanan, dan pariwisata. Dengan luas wilayah mencapai 35 ribu meter persegi dan kekayaan sumber daya alam yang melimpah, Kutai Timur dianggap sebagai salah satu yang terbesar di wilayahnya, memberikan peluang yang signifikan untuk pertumbuhan wirausaha dan inovasi, terutama di sektor biru seperti perikanan, energi terbarukan, pariwisata, dan transportasi darat dan air.

Pada Rabu, 8 November 2023, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutim, Jimmi, mengadakan pertemuan yang menekankan pentingnya kerjasama antar lembaga untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mengoptimalkan potensi yang dimiliki daerah tersebut. Dalam pertemuan tersebut, Jimmi menyoroti peran vital Pemerintah Pusat dalam mendukung upaya menarik investasi ke Kutai Timur.

“Kami meminta dukungan penuh dari pemerintah pusat agar mau mendorong investor untuk menanamkan modalnya di Kutim. Ini tidak hanya akan menciptakan peluang baru, tetapi juga memberikan kontribusi langsung bagi kesejahteraan masyarakat setempat,” ungkap Jimmi.

Dengan dua pelabuhan utama, yaitu Kenyamukan dan Maloy, Kutai Timur menjadi destinasi yang menarik bagi para investor. Keberadaan pelabuhan tersebut menjadi nilai tambah yang signifikan untuk para pengembang usaha yang ingin memanfaatkan potensi daerah ini.

“Terlebih lagi, laut Kutai Timur masuk dalam Alur Laut Kepulauan Indonesia II, menjadikannya sangat strategis untuk dunia usaha, baik di tingkat nasional maupun internasional,” tambahnya.

Jimmi menegaskan bahwa potensi luas wilayah dan sumber daya alam yang melimpah harus dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan investasi di Kutai Timur. Hal ini diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja baru, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Kami berharap pemerintah pusat dapat melihat potensi yang ada di Kutai Timur dan berperan aktif dalam mendukung investor untuk berinvestasi di sini,” tutup Jimmi. Upaya bersama ini diharapkan dapat membuka peluang baru dan memberikan dampak positif bagi perkembangan ekonomi daerah. (Adv-Ald)