Berita

Menghapus Kesetaraan Gender : Dorongan Menuju Kebijakan Pengarusutamaan Gender di Kutai Timur

463
×

Menghapus Kesetaraan Gender : Dorongan Menuju Kebijakan Pengarusutamaan Gender di Kutai Timur

Sebarkan artikel ini

WARTAKUTIM.CO.ID,SANGATTAMunculnya berbagai bentuk kesenjangan gender antara laki-laki dan perempuan menuntut suatu strategi yang efektif untuk mengurangi atau bahkan menghapus kesenjangan tersebut, sehingga kondisi yang adil dan setara gender dapat tercapai. Salah satu langkah yang diambil adalah melalui intervensi pemerintah, yang secara aktif membentuk kebijakan strategi Pengarusutamaan Gender (PUG).

Asti Mazar, Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Timur, mengungkapkan harapannya agar Pemerintah Kabupaten Kutai Timur segera merumuskan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pengarusutamaan Gender. Pada pertemuan pada Kamis (2/11/2023), politisi dari Golkar ini menegaskan pentingnya kesetaraan gender di semua aspek kehidupan masyarakat.

“Kutai Timur belum memiliki Peraturan Daerah Pengarusutamaan Gender. Padahal, itu merupakan instrumen hukum yang sangat penting untuk mewujudkan kesetaraan gender,” ungkap Asti Mazar.

Sebagai Ketua Kaukus Politik Perempuan Indonesia (KPPI), Asti Mazar menekankan bahwa keberadaan Perda PUG akan menjadi acuan bagi pemerintah kabupaten dalam merumuskan kebijakan dan program yang mendukung perempuan serta kelompok rentan lainnya.

“Saya akan tetap mengawal bersama, karena Perda PUG ini sangatlah penting. Ini dapat menjadi instrumen hukum yang mendorong terwujudnya kesetaraan gender di Kutai Timur,” tambahnya dengan harapan besar.

 

Langkah ini mencerminkan komitmen untuk memastikan bahwa pemerintah setempat memiliki landasan hukum yang kuat dalam mengimplementasikan kebijakan pro-kesetaraan gender. Dengan adanya Raperda tentang Pengarusutamaan Gender, diharapkan akan terjadi perubahan positif dalam menciptakan masyarakat yang lebih adil dan setara, di mana setiap individu memiliki peluang yang sama tanpa memandang jenis kelamin. (ADV)