KPC Raih 6 Penghargaan GKPM

Diberikan Saat Malam Anugerah Gelar Karya Pemberdayaan Masyarakat (GKPM) Award 2013

Wartakutim.com | JAKARTA-Untuk kesekian kalinya, PT Kaltim Prima Coal (KPC) mendapat penghargaan di tingkat nasional. Kali ini, perusahaan batubara yang berlokasi di Sangatta, Kutai Timur, menyabet 5 dari 7 kategori dalam Malam Anugerah Gelar Karya Pemberdayaan Masyarakat (GKPM) CSR Best Practice for Millennium Development Goals (MDGs) Award 2013. Serta 1 penghargaan perorangan.

Atas penghargaan ini, maka KPC semakin menujukkan kelasnya sebagai salah satu perusahaan pertambangan swasta terbaik di Indonesia.

Lima award yang didapat yakni 2 kategori Eradicate Extreme Poverty and Hunger. Kemudian masing-masing kategori Improve Maternal Health, kategori Combat HIV/AIDS, Malaria and Other Diseases, dan kategori Ensure Environmental Sustainability. Sementara jenis award yang didapat yakni 4 gold dan 1 platinum.  Serta terbaik 3 dalam kategori perorangan atas nama Andika Yohantoro, Ketua Remaja Kreatif Peduli Lingkungan (RKPL), organisasi binaan KPC.

Digelar Rabu (2/10) malam, pemberian penghargaan ini berpusat di Grand Ballroom Kartika Chandra Jakarta. Pengumuman penghargaan berformat gala dineer ini, diikuti 26 perusahaan dari berbagai bidang. Mulai perusahaan pertambangan dan energi, pertanian dan agroindustri, industri dan manufuktur, jasa, perbankan dan telematika. Kemudian infrastruktur dan kontruksi, serta lembaga mitra perusahaan.

Penghargaan diberikan oleh Menteri Koperasi dan UKM DR Syarifuddin Hasan, yang diterima oleh Chief Operating Officer (COO) KPC R. Utoro, Manager Community Empowerment Nurul Karim, Manager Bengalon Community Relations and Development Wawan Setiawan. Berikut Superintendent Public Communications Yordhen Ampung dan Putri Beryanti dari KPC Jakarta.

Ketua Umum Corporate Forum for Community Develompent (CFCD) Suwandi mengatakan, acara GKPM Award 2013 ini merupakan hasil kerja sama CFCD dengan Menteri Koodrinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kemenkokesra) RI. Pemberian penghargaan ini, kata dia, juga merupakan rangkaian kegiatan GKPM Expo dan Award yang dimulai pada (3-6/10) di Jakarta Convention Center (JCC).

Dijelaskan, atas jasa perusahaan dalam program pemberdayaan masyarakat, maka penghargaan CSR Best Practice For MDGs 2013 ini merupakan wujud apresiasi peran perusahaan dan pemerintah dalam menciptakan pembangunan yang berkelanjutan dan tentunya ikut membantu mesejahterakan masyarakat.

Sementara Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) DR Syarifuddin Hasan dalam sambutannya menilai, program Corporate Social Responsibility (CSR) telah berperan besar dalam menekan angka kemiskinan dan pengangguran di Indonesia.

“Atas nama pemerintah, saya menyampaikan apresiasi yang besar untuk dunia usaha atas berbagai program CSR dari perusahaan,” terangnya.

Ditambahkan, Indonesia masih berupaya mencapai target-target Millenium Development Goals (MDGs) pada 2015. Untuk itu, Indonesia masih berkewajiban mengurangi angka kemiskinan dan  pengangguran.

Pengumuman penghargaan ini dimulai tepat pukul 21.00 WIB. Kategori Eradicate Exktreme Poverty and Hunger menjadi katergori pertama yang dibacakan. Hasilnya, KPC meraih Gold Award atas program di bidang partisipasi penciptaan lapangan kerja baru, kemudian award gold juga diraih di bidang program pemberdayaan usaha mikro dan rumah tangga miskin.

Selain itu, KPC juga menerima award gold masing di bidang program partisipasi pelayanan kesehatan ibu hamil dan  melahirkan serta bidang program partisipasi penanggulangan dan pencegahan HIV/AIDs, malaria, TBC, dan penyakit menular lainnya.

Yang membanggakan, dalam program penciptaan akses terhadap air minum/bersih dan sanitasi lingkungan, KPC mendapatkan award Platinum atau tertinggi dari yang lainnya.

Sementara GM External Affairs and Sustainable Development (ESD) KPC Husein Akma mengatakan, keberhasilan program pemberdayaan masyarakat dicapai, berkat arahan pemerintah Kabupaten Kutai Timur dan dukungan serta kerjasama semua pihak.

Tak hanya penghargaan, acara ini juga diisi dengan penampilan band akustik dari Jakarta, serta pemutaran video dari masyarakat sekitar perusahaan yang merasakan dampak poisitif dari CSR. Serta penampilan Maila Faiza yang piawai memaikan biola dan memukau ratusan tamu undangan yang hadir. Acara sendiri di tutup sekira pukul 23.00 Wita. (luc)