Kaltara Ikut MTQ Tingkat Kaltim di Kutim

Sangatta, Warta Kutim – Provinsi Kalimantan Utara masih mengirimkan para Kafilahnya untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran tingkat Provinsi Kalimantan Timur ke-36. Kutai Timur akan menjadi tuan rumah untuk perhelatan yang dijadwalkan berlangsung pada 15-25 Mei 2014 nanti.

Dikatakan Kabag Humas Pemkab Kutim, Mucthar, peserta dari 14 kabupaten dan kota se-Kaltim dan Kaltara ikut MTQ yang pelaksanaannya akan dipusatkan di Sangatta. Pemkab Kutim telah menyiapkan segala fasilitas untuk peserta MTQ tingkat provinsi jauh sebelum pelaksanaan puncak.

“Tak seperti pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten, yang Kafilah dari kecamatan ditempatkan di rumah-rumah warga. Untuk MTQ tingkat Provinsi ini, Kafilah kami tempatkan di hotel yang ada di Sangatta,” ujar Mucthar melalui telepon genggam, Minggu (27/4)

Muchtar memperkirakan seluruh kontingen sudah berada di Sangatta pada Kamis, 15 Mei 2014 nanti. Pemkab Kutim tidak akan mengecewakan seluruh kafilah dengan menjamin semua fasilitas selama berada di Sangatta. Mulai dari penginapan hingga transportasinya.

“Tamu VIP kami akan tempatkan di Hotel Batu Putih, dan untuk walikota dan bupati akan diinapkan di Royal Grand Vitoria Sangatta bersama para Dewan Hakim,” katanya.

Acara pembukaan MTQ akan digelar di Mesjid Agung, Kompleks Perkantoran Bukit Pelangi Sangatta dan dibuka langsung oleh Gubernur Kaltim, Awang Farouk Ishak. Pelaksanaan MTQ sendiri akan dipusatkan di Masjid Agung dengan beberapa kegiatan lomba. Sebagian cabang lomba akan ditempatkan di Aula Meranti Setkab Kutim dan Aula Kantor Bappeda.

“Nantinya akan diadakan pameran bernuansa religius yang mengambil tempat di Gedung EXPO Bukit Pelangi,” jelas Muchtar.

Soal anggaran, Panitia Pelaksana MTQ diakui tidak menemui kendala. Sebab Pemkab Kutim dan Pemprov Kaltim telah memberikan dana hibah kepada panitia. Muctar berharap, masyarakat Kutim mendukung dan menyukseskan kegiatan ini.

“Kita berharap masyarakat bisa memasang umbul-umbul Selamat Ddatang, dan tetap menjaga kebersihan selama berlangsungnya MTQ nanti,” imbuh Muchtar. (wal)

Editor : Sonny Lee Hutagalung