oleh

Puluhan Pengurus AJKT Besok Dikukuhkan

-Ragam-Dibaca : 838 Kali

WARTAKUTIM.co.id, SANGATTA – Puluhan pengurus Aliansi Jurnalis Kutai Timur (AJKT) periode 2017-2020 direncakan akan dikukuhkan, Rabu (24/5) besok. Proses pengukuhan lembaga perhimpunan awak jurnalis yang dinahkodai Dhedy ini akan bertempat di Gedung Pelangi, Mapolres Kutim.

Ketua Panitia Dirhanuddin mengatakan jika tidak ada aral melintang kegiatan ini akan dibuka secara resmi oleh Bupati Kutim Ismunandar. Begitupun dengan proses pengukuhan pengurus AJKT.

Mulai dari Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), lembaga kepemudaan, organisasi kemahasiswaan, dan sejumlah tokoh masyarakat turut diundang pada kegiatan ini.

“Semoga saja seluruh rangkaian kegiatan berjalan baik dan lancar. Saya berharap melalui kegiatan ini, keberadaan jurnalis di Kutim mendapatkan peran tersendiri di sisi pemerintah dan masyarakat,” harap pria yang karib disapa Dirhan ini, Senin (22/4) kemarin.

Terpisah, Ketua AJKT terpilih Dhedy berharap lembaga yang dipimpinnya dapat ikut berperan mencerdaskan masyarakat Kutim secara informasi. Mengingat belakangan ini marak berita dan isu hoax yang dapat memecah persatuan masyarakat.

“Nah, setelah proses pengukuhan kepengurusan, Rabu mendatang, insya Allah akan dilanjutkan dengan rapat kerja untuk menentukan program kerja apa saja yang akan dijalankan selama tiga tahun ke depan,” katanya.

Dia mengaku secara umum sudah mempunyai gambaran akan membawa kemana roda AJKT ke depan. Pertama, meningkatkan kualitas dan mutu jurnalis yang bernaung di bawah AJKT. Kedua, mendorong percepatan informasi yang akurat dan profesional di masyarakat.

“Ketiga, melalui pemberitaan yang mendidik dan mencerdaskan, kami ingin mendorong akselerasi pembangunan di Kutim menuju gerakan pembangunan desa mandiri (Gerbang Desa Madu),” katanya.

Dengan demikian, keberadaan jurnalis atau pewarta bukan lagi sekedar menyampaikan informasi kepada hal layak. Tapi juga dapat mengambil peran mendorong dan memajukan pembangunan melalui informasi yang mencerdaskan.

“Saya yakin, dengan keberadaan rekan-rekan jurnalis yang bergabung di AJKT, masyarakat Kutim akan lebih cerdas lagi secara informasi. Selain itu, saya berharap, lewat AJKT ini, rasa kekeluargaan para awak jurnalis semakin terjaga dengan baik,” tuturnya.

Jurnalis yang sehari-hari berkecimpung di koran Sangatta Post ini menambahkan, mulai kegiatan musyawarah besar (Mubes) hingga pengukuhan AJKT nanti, tidak bisa dilepaskan dari support Pemerintah Kutim, PT KPC, dan PT Pertamina EP 5 Sangatta.

“Ketiga pihak tersebut cukup membantu atas terselenggaranya kegiatan AJKT, baik secara moril maupun materil. Semoga support dan kerjasama yang telah terjalin dapat terus ditingkan ke depannya,” tandasnya. (drh)