oleh

KPK Ada di Daerah! Kantornya Virtual

-Berita, Hukum Dan Kriminal-Dibaca : 1.039 Kali

SANGATTA – Keberadaan Komisi Pemberatansan Korupsi di 34 Provinsi yang ada di Indonesia, mungkin berbebeda dengan lembaga-lebaga negara lainnya. Hal ini untuk menjawab pertanyaan masyarakat luas, terkait apa dan dimana KPK dalam menjalankan tugasnya di daerah.

KPK tetap ada di tiap-tiap Kabupaten/Kota se-Indonesia, namun kantornya tidak tetap seperti kantor-kantor pada umumnya. Kantor KPK virtual! Dimana terdapat Sembilan perwakilan didaerah yang tersebar dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua hingga Jawa.

Koordinator Wilayah (Korwil) VII KPK Nana Mulyana menyebutkan jika dalam tiap Korwil terdapat Satgas Pencegahan dan Satgas Penindakan. Sehingga ketika ada kegiatan semisal sosialisasi di Kalimantan Timur, disaat yang sama dilakukan pula di Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan, mengingat masih masuk dalam satuan Korwil VII KPK.

“Sejak 2018, organisasi di KPK telah membentuk cikal-bakal perwakilan di tiap-tiap daerah. Karena secara Undang-Undang KPK berhak membentuk perwakilan di daerah, namun sifatnya virtual. Satkorwil itu membawahi Satgas Pencegahan dan Satgas Penindakan,” ungkapnya.

Kantor KPK masih virtual untuk daerah, sehingga anggota KPK masih bolak-balik dari daerah ke Jakarta tiap minggunya. Sehingga Nana Mulyana menyebutkan dari Januari lalu dirinya bersama rekan-rekan, terus bolak-balik dan Minggu malam sudah balik ke Kalimantan.

“Sehingga jangan anggap kami (KPK, Red), tidak ada di Kutai Timur. Namun keberadaan kami ada dan terus melakukan pemantauan kinerja Pemerintah Kabupaten Kutim,” jelas Nana Mulyana (Arso)

  • " data-pin-do="buttonPin" data-pin-config="beside">