oleh

Basti: Fraksi Amanat Keadilan Berkarya Wadah Untuk Tiga Partai

SANGATTA – Untuk memenuhi kebutuhan partai-partai yang anggota DPR-nya tidak mencukupi dalam membentuk satu fraksi di DPRD Kutim. Partai Amanat Nasional (PAN) memprakarsai pembentukkan Fraksi Amanat Keadilan Berkarya (AKB), yang didalamnya terdapat Partai Keadilan dan Partai Berkarya.

Diakui oleh Basti Sangga Langi saat ditemui wartakutim.co.id belum lama ini, menurutnya gabungan ketiga partai ini dapat dikatakan mencukupi pembentukan satu fraksi di DPRD Kutim. Dimana beberapa waktu lalu sudah dilakukan loby-loby tingkat DPD masing-masing partai, dan hal ini sudah dimantapkan serta dipastikan tidak meleset lagi.

“Sehingga ada 7 buah kursi dalam fraksi ini, dimana PAN menyumbang 3 kursi, Partai Keadilan 2 kursi, lalu Partai Berkarya 2 kursi. Hal ini sudah jauh dari cukup, untuk membuat gebrakan dalam memajukan Kutim. Terlebih masing-masing anggota fraksi dapat mewakili suara masyarakat dari Daerah Pemilihannya,” ungkap lelaki berkumis tebal ini.

Sementara itu Apansyah dari Partai Berkarya mengaku, sebagai sebuah partai baru dan memperoleh dua kursi di DPRD Kutim. Tentu merupakan sebuah amanah besar masyarakat yang diemban oleh anggota DPR dari partainya. Berkarya tetap mengutamakan tugas DPR sebagai fungsi kontrol hingga budgeting, yang menjadi dasar kerja di lembaga legislatif.

“Saya sendiri menanggapi positif terkait bergabungnya kami dengan Fraksi AKB, karena kami akan melakukan sinkronisasi masing-masing Dapil, mulai Dapil I, II, III, dan IV. Artinya lengkap, ini yang membuat semangat kami semua untuk membangun sinergisitas lintas partai yang baik,” terangnya. (Arso)