oleh

Kutai Pesisir Layak Disegerakan Jadi Kabupaten

SANGATTA – Pembentukan Kabupaten Kutai Pesisir merupakan sebuah hal wajar untuk disegerakan, terlebih DPRD Kutim periode lalu sempat mengajukan usulan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten baru untuk wilayah pesisir di Kutai Timur tersebut.

Anggota DPRD Kutim dari Partai Berkarya, Apansyah menyebutkan bahwa masyarakat Sangsaka menyatakan sikap untuk dapat membentuk kabupaten sendiri. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar serta amat didambakan oleh masyarakat di wilayah pesisir, mengingat potensi dasar pada kawasan ini amat mendukung atau layak menjadi kabupaten.

“Kita melihat dari potensi-potensi yang ada cukup memadai, pertama dengan infrastruktur cukup mendukung dengan tambahan Sumber Daya Alam yang luar biasa. Kedua dilihat dari Sumber Daya Manusianya, boleh dikatakan sudah siap untuk membangun sebuah wilayah pemerintahan sendiri,” tegasnya.

Apansyah Anggota DPRD Kutim dari Partai Berkarya.

Dengan kata lain sudah ada satu suara bulat terkait pembentukan Kabupaten Kutai Pesisir, dengan alasan jelas yakni mendekatkan pelayanan pemerintah dan mempercepat laju pembangunan di kawasan pesisir.

Didukung oleh lima kecamatan yakni Sangkulirang, Kaliorang, Kaubun, Sandaran, dan Karangan. Ditambah tiap-tiap kecamatan memiliki potensi SDA terbarukan dan tak terbarukan, maka hal tersebut amat sangat signifikan dalam mendukung pemerintahan maupun kesejahteraan masyarakat.

“Selain batu bara, potensi sepanjang garis pantai di 3 kecamatan hingga hari ini juga belum dioptimalkan untuk membangun kesejahteraan masyarakat setempat. Begitupun juga SDA yang berkaitan dengan minyak bumi juga tidak dikelola, inilah potensi-potensi yang kedepannya mampu mendanai Kabupaten Kutai Pesisir,” jelasnya sembari menutup wawancara. (Arso)