oleh

Pengadilan Negeri Sangatta Tangani 1.488 Perkara Tilang

SANGATTA – Pengadilan Negeri (PN) Sangatta, Kutai Timur pada Jum’at (13/9) ini mengadili 1.488 Perkara terkait Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Angka meningkat tajam setelah pihak Kepolisian menggelar Operasi Patuh Mahakam 2019 yang berlangsung sejak 29 Agustus hingga 11 September 2019 lalu.

Kepala Pengadilan Negeri Sangatta Rahmat Sanjaya, SH, MH didampingi Humas PN Sangatta Pungky Maradona, SH, MH mengatakan bahwa untuk perkara tilang di PN diputus pada tiap hari Jum’at untuk setiap minggunya.

Para pengemudi kendaraan bermotor yang terkena tilang tidak lagi harus menjalani sidang tilang di pengadilan. Pelanggar hanya perlu membayar denda di Kejaksaan Negeri. Hal ini sudah dilakukan sejak 2017 silam, dengan dasar Peraturan Mahkamah Agung (Perma) Nomor 12 Tahun 2016.

 

“Ada 1.488 perkara tilang rata-rata didomoninasi kendaraan roda dua, lalu kendaraan roda empat. Jumlahnya membengkak karena adanya gelar Operasi Patuh Mahakam 2019 yang dilakukan oleh pihak Satlantas Polres Kutim, sehingga banyak terjaring pengguna yang melanggar aturan lalu-lintas,” tegas Pungky Maradona.

PN Sangatta juga memberikan kemudahan bagi pelanggar, untuk mengetahui denda tilang. Yakni pelanggar cukup mengetikan nomor kendaraan atau nomor tilang pada fasilitas form pencarian dalam aplikasi SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) dan atau pada papan pengumuman yang ada di kantor Pengadilan Negeri Sangatta.

Putusan PN Sangatta atas 1.488 perkara pelaku pelanggaran peraturan Undang-Undang Lalu-Lintas, paling banyak pelanggaran Pasal 281 mengenai SIM.

Untuk pembayaran denda tilang dan pengambilan barang bukti, pelanggar cukup datang ke Kantor Kejaksaan Negeri Sangatta. Denda tilng yang dibayarkan akan disetorkan sebagai pendapatan negara bukan pajak. Bagi pelanggar wajib melaksanakan poin 3 (mengetahui denda tilang, red) agar mendapatkan informasi yang benar tentang perkara tilang sudah diputus atau belum oleh PN Sangatta.

“Apabila nomor tilang pelanggar tidak ada dalam daftar sesuai dengan tanggal putusan yang ditentukan, maka yang bersangkutan bisa langsung menghubungi pihak terkait dalam hal ini Kepolisian atau DLLAJ,” ucap Humas PN Sangatta saat ditemui di PN Sangatta yang berada di Jl. Prof. DR. Wirjono Prodjodikoro, SH Komplek Perkantoran Bukit Pelangi Sangatta. (Arso)

DOWNLOAD APLIKASI WARTAKUTIM

Kutim Zona Merah, Ini Kata Bupati Belum Usulkan PSBB Ke Pemprov Kaltim

  • " data-pin-do="buttonPin" data-pin-config="beside">