oleh

Kerahasaiaan Data Sensus Online, Dijamin Badan Pusat Statistik

-Berita Pilihan, Kaltim-Dibaca : 102 Kali

SANGATTA – Masyarakat Kabupaten Kutai Timur tidak perlu khawatir atas kerahasiaan data yang dilakukan melalui pengisian data secara online. Dalam sensus penduduk tahun 2020 ini, masyarakat dapat memberikan informasi melalui update data tersebut.

Walaupun ada data yang sudah tersimpan di Kementerian Dalam Negeri melalui Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK), namun soal pembaharuan dapat dilakukan oleh masyarakat saat sensus penduduk berlangsung.

Kepala Badan Pusat Statistik Akhmad Junaidi menyebutkan bahwa kesempatan terkait pembaharuan atau update data, diberikan pada masyarakat. Adapun jaminan kerahasiaan data pengguna dipastikan mendapat jaminan dari pihak BPS.

“Dalam proses penginputan data sendiri, masyarakat atau individu yang membuat kata sandi alias passwordnya sendiri. Sehingga akses terakit data tersebut tak dapat diberikan kepada siapapun tanpa sepengetahuan langsung dari pengguna tersebut,” jelasnya.

Lebih jauh diterangkan Akhmad Junaidi, sensus penduduk bertujuan dalam melakukan atau menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, hingga karakteristik penduduk. Untuk menuju satu data kependudukan di Indonesia secara menyeluruh.

“Adapun perihal pengisian data melalui laman www.sensus.bps.go.id, jelas mempercepat dan mempermudah pelaksanaan sensus bagi masyarakat yang pada saat ini rata-rata telah memiliki handphone dengan aplikasi android,” jelasnya. (Dwi)

  • " data-pin-do="buttonPin" data-pin-config="beside">