oleh

Ibu Hamil Diminta Tetap Konsultasi Ke Bidan By Phone

-Berita-Dibaca : 616 Kali

SANGATTA – Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) terus berupaya berperan dan memberi contoh kepada masyarakat, agar senantiasa memperhatikan dan mengikuti protokol kesehatan tentang pencegahan penularan Corona Virus Disease (Covid-19). Seperti yang dilakukan hari ini, (Sabtu) membagikan masker kepada penjual yang ditemui tidak menggunakan masker. Terutama kepada penjual-penjual yang ada dipinggir jalan.

” Hari ini kami turun ke jalan dan memantau situasi serta memberikan masker secara langsung kepada beberapa penjual khususnya wanita. Kami menemukan beberapa ibu penjual ayam dan juga penjual pisang yg tidak menggunakan masker. Sementara pembeli silih berganti untuk membeli ayam,” ungkap Ketua IBI Kutim Hj Triana Nur melalui Sekretaris II IBI Kutim Yuliana Kala’lembang, Sabtu (2/5/2020).

Selain memberi masker, IBI Kutim juga menitip pesan kepada pedagang yang ditemui agar terus mengunakan masker, rajin cuci tangan dengam sabun dan air mengalir, tidak menyentuh mulut, hidung dan mata serta cuci tangan sebelum masuk rumah.

Yuli menambahkan, selain penjual ayam, pihaknya juga menemukan seorang ibu penjual pisang yang sedang hamil besar dan tidak memakai masker. Dari keterangan ibu tersebut sambung Yulu, dia sedang menunggu hari kelahiran.

“Kami menganjurkan untuk tetap menjaga kesehatan, ikuti protokol kesehatan covid-19.
Kami juga mengingatkan kepada para ibu-ibu yang hamil agar menghubungi petugas kesehatan atau bidan, jika tanda-tanda persalinan sudah ada,” tuturnya.

Lebih jauh dikatakan, babhwa Pengurus Cabang IBI, menghimbau kepada seluruh anggota IBI, baik yang praktek mandiri maupun yang bekerja di Puskesmas/Klinik/ RS/ RSS agar memberi nomor telpon kepada para ibu hamil dan siap di hubungi jika sewaktu-waktu di perlukan untuk berkonstasi.

“Jangan sampai karena takut ke Puskesmas atau Praktek karena takut terpapar Covid-19, tidak memperhatikan kesehatan ibu dan bayi, ” tutup Yuli.. (hms15)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

DOWNLOAD APLIKASI ANDROID WARTA KUTIM 

News Feed