oleh

Puluhan Pelajar SMA Sederajat Di Kutim Ikuti Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum

-Berita Pilihan-Dibaca : 591 Kali

WARTAKUTIM.CO.ID, SANGATTA – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalimantan Timur bersama Dinas Pendidikan Kalimantan Timur, menyelenggarakan pemilihan duta Pelajar Sadar Hukum Jenjang SMA, SMK, MA dan SLB tingkat Kabupaten Kutai Timur.

Kegiatan yang digelar pada, Senin (27/07/2020) di Hotel Victoria Sangatta tersebut, di fasilitasi oleh kejaksaan Negeri (Kejari) Kutai Timur. Kegiatan tersebut diikutim sebanyak 11 grup dari sejumlah sekolah tingkat SMA sederajat di Kutim

Kasi Penerangan Hukum Kejati Kaltim Abdul Farid, SH., MH menjelaskan, tujuan digelar kegiatan tersebut untuk memberikan pemahaman dan pengertian Hukum serta sadar hukum sejak dini kepada pelajar khusunya kepada pelajar tingkat SMA sederajat.

“Kegiatan ini dilaksanakan, untuk memberikan pemahaman sejak kepada adik adik pelajar, agar nantinya mereka bisa memahami kalau aturan hukum seperti ini. Aturan itu untuk ditaat bukan untuk dilanggar,”jelasnya.

Ia berharap, dengan mengikuti kegiatan tersebut, para pelajar bisa lebih mengerti tentang hukum yang berlaku saat ini dan membagikan ilmu yang dia dapatkan dari kegiatan tersebut kepada sesama para pejalar di sekolah masing masing.

Fahmi lebih lanjut menambahkan, kegiatan itu tidak hanya mencari duta Pelajar untuk diperlombakan lagi ketingkat provinsi Kaltim. Namun, juga mendapatkan pemahaman hukum dari para juri yang merupakan dari kejati Kaltim dan Kejari Kutim.

“grup yang berhasil meraih peringkat 1,2 dan 3 di pemilihan duta Pelajar Sadar Hukum akan mewakili Kutim ke tingkat Provinsi Kaltim. Nanti di provinsi, peserta dari kabupaten kota lain di Kaltim akan kembali di berlomba untuk menentukan siapa yang terbaik di Kaltim,”jelasnya

Ia menambahkan, pelajar yang berhasil keluar sebagai juara di tingkat Provinsi Kaltim akan mendapatkan beasiswa secara penuh dari dinas Pendidikan Kaltim untuk melanjutkan Perguruan tinggi dengan mengambil bagian hukum.

“Kegiatan ini ada juga penghargaan dari dinas Pendidikan Kaltim. Pemenang 1,2 dan 3 di tingkat provinsi akan mendapat beasiswa apa bila mereka lulus di perguruan tinggi Negeri dengan syarat mengambil fakultas hukum.”katanya.

Lebih jauh ia mengatakan, kegiatan di Kutim merupakan kegiatan ke-4 yang dilaksanakan kejati bersama dinas Pendidikan Kaltim. Sebelumnya kegiatan tersebut telah terlaksana di Samarinda, Tenggarong, Berau dan Kutim.

“Selanjut kegiatan akan dilaksanakan di kota Bontang. 10 Kabupaten Kota di Kaltim akan diambil 3 terbaik dari masing masing kabupaten kota. Bulan Oktober 2020 nanti mereka akan diperlombakan di tingkat provinsi yang akan digelar di Samarinda. Jumlah grup yang nantinya ikut di tingkat provinsi sebanyak 30 grup,”pangkasnya (WAL)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

DOWNLOAD APLIKASI ANDROID WARTA KUTIM