oleh

PMM UMM 33 Melaksanakan Kegiatan P3 di Masjid dan Musholla di Desa Teluk Lingga

-Berita-Dibaca : 545 Kali

Sangatta – COVID19 adalah sebuah virus yang saat ini tengah mewabah di Indonesia, termasuk di Kota Sangatta. Di tengah maraknya penambahan kasus COVID19 di Indonesia, terutama di Desa Teluk Lingga yang berada dalam kota Sangatta, mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang yang beranggotakan 5 orang melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) dengan tema “Mengedukasi Masyarakat dalam Memutus Mata Rantai Penyebaran COVID19 untuk Menjalankan Era New Normal”. Sesuai dengan tema yang dibawa, tujuan dari kegiatan PMM ini adalah untuk lebih mengedukasi masyarakat tentang panduan/tata cara dalam menjalankan aktivitas di era New Normal.

Salah satu program kerja (proker) dari kelompok PMM ini yaitu Pelaksanaan Kegiatan P3 di Masjid dan Musholla di Desa Teluk Lingga. Latar belakang dari pelaksanaan kegiatan P3 di masjid dan musholla ini dikarenakan saat ini pemerintah telah menerapkan era New Normal di tengah pandemik COVID19. Setelah diberlakukannya era New Normal, beberapa tempat beribadah yang biasa digunakan oleh masyarakat, yaitu masjid dan musholla kembali dibuka. Sebagai tempat umum yang nantinya akan digunakan oleh banyak orang, hal ini tentu menimbulkan kekhawatiran bagi kalangan masyarakat dari lebih meluasnya penyebaran virus COVID19. Oleh karena itu, kelompok 33 PMM UMM berinisiatif untuk melakukan kegiatan P3 ini dengan tujuan mengajak masyarakat untuk memperhatikan kebersihan musholla/masjid saat akan digunakaan serta tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.

Pembersihan musholla di salah satu musholla di Desa Teluk Lingga | dokpri

Kegiatan P3 ini dilaksanakan mulai dari hari Senin (17/08/20) hingga Sabtu (22/08/20). Kegiatan P3 yang pertama, yaitu Pembersihan Masjid/Musholla. Kegiatan ini bertujuan untuk membersihkan serta merapikan masjid/musholla yang sempat tidak terpakai karena adanya lockdown.

Kemudian, kegiatan P3 yang kedua, yaitu Penempelan Pembatas Shaf Sholat yang bertujuan untuk memberi jarak pada saat pelaksanaan sholat sesuai dengan panduan beraktivitas saat New Normal, yaitu menjaga jarak (Social Distancing). D

Kegiatan P3 yang ketiga, yaitu Penempelan Poster Tata Cara Sholat Pada Era New Normal yang bertujuan untuk memberi informasi kepada masyarakat tentang tata cara menjalankan sholat di masjid/musholla pada era New Normal. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, tim PMM UMM 33 tetap memperhatikan protokol kesehatan yang dianjurkan.

Pada kegiatan P3 yang dilakukan oleh mahasiswa dari kelompok 33 PMM UMM ini, masyarakat diharapkan dapat lebih paham tentang pentingnya menjaga kebersihan masjid/musholla yang akan digunakan serta pentingnya memperhatikan protokol kesehatan pada saat berada di tempat umum terutama saat melaksanakan sholat di masjid/musholla pada era New Normal. Selain itu, diharapkan masyarakat di Desa Teluk Lingga dapat ikut berperan dan membantu dalam memutus mata rantai penyebaran COVID19, baik dalam mengingatkan sesama tentang pentingnya memperhatikan protokol kesehatan maupun menyebarkan informasi tentang pencegahan penyebaran virus COVID19. (RILIS)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

DOWNLOAD APLIKASI ANDROID WARTA KUTIM