oleh

Kebun Kelapa Sawit Harapan Prima Resmi Di Tengah Pandemi

-Berita Pilihan-Dibaca : 514 Kali

WARTA KUTIM.CO.ID, RANTAU PULUNG – SMAN 1 Ratau Pulung menorehkan sejarah baru bertepatan dengan hari ulang tahun yang ke-15 tepatnya pada tanggal 29 September 2020. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur, Anwar Sanusi, M.Pd, hadir dalam acara Peresmian Kebun Kelapa Sawit Harapan Prima. Kedatangan orang nomor satu di Dinas Pendidikan itu merupakan suatu kehormatan yang luar biasa bagi civitas akademik SMAN 1 Rantau Pulung.

Kebun Kelapa Sawit Harapan Prima merupakan hasil kerjasama antara SMAN 1 Rantau Pulung dengan PT. Kaltim Prima Coal (PT. KPC) dimana PT. KPC memberikan bantuan berupa bibit kelapa sawit pada bulan Februari 2018 sebanyak 560 pokok untuk ditanam pada lahan seluas 4 hektar. Pada saat diresmikan usia tanam kelapa sawit ini sekitar tiga tahun tujuh bulan. Saat ini sebagian besar pohon kelapa sawit sudah berbuah pasir dan diperkirakan satu atau dua tahun kedepan sudah produksi buah normal.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur, Anwar Sanusi, M.Pd memotong pita dan menandatagani prasasti di area kebun kelapa sawit dengan didampingi oleh Joko Riyadi selaku perwakilan dari PT. KPC dan disaksikan oleh Kepala SMAN 1 Rantau Pulung,  Mulyono, S. STP, M.Si (Camat Rantau Pulung), Taufik Hidayat, M.Pd (Ketua STAIS), Hasbi, M.Pd (Ketua MKKS SMA Kutai Timur), Supriyadi, S.Pd (Ketua MKKS SMK Kutai Timur), Nur Hasan (perwakilan Koramil), Roman Martison Hotasoit (perwakilan Polsek Rantau Pulung), Sahabudin, M.Pd (Kepala UPT. Pendidikan Kecamatan Rantau Pulung), Ikbal, S.Pd (Kepala SMPN 1 Rantau Pulung) dan tamu lain dari berbagai elemen masyarakat di Kecamatan Rantau Pulung.

Drs. Untung selaku Kepala SMAN 1 Rantau Pulung menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kehadiran Anwar Sanusi, M. Pd karena telah berkenan meresmikan Kebun Kelapa Sawit Harapan Prima di masa pandemi covid 19. Namun demikian, pelaksanaan acara Peresmian Kebun Kelapa Sawit Harapan Prima dilaksanakan dengan standar operasional yang sangat ketat; dimana para tamu undangan diwajibkan memakai hand-sanitizer, masker, sarung tangan, dan face-shield selama acara berlangsung. Bahkan bagi tamu yang berasal dari luar Kecamatan Rantau Pulung wajib tes rapid di ruang khusus yang telah disediakan oleh panitia.

Anwar Sanusi, M.Pd mengapresiasi peran dan kerjasama PT. Kaltim Prima Coal dalam memajukan pendidikan di SMAN 1 Rantau Pulung. Lelaki berusia 55 tahun dengan pengalaman yang mumpuni di bidang pendidikan itu menitipkan pesan agar SMAN 1 Rantau Pulung tetap menjaga hubungan baik dengan stake holders. Selain itu beliau juga berpesan agar Kebun Kelapa sawit yang telah beliau resmikan agar dirawat secara intensif dan apabila sudah ada hasil buahnya nanti agar dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kemajuan SMAN 1 Rantau Pulung.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur menyampaikan hal terkait dengan pembelajaran online. Anwar Sanusi, M.Pd telah merancang konsep pembelajaran jarak jauh (distance learning) sebelum pandemi korona. Pada masa pandemi ini beliau menyampaiakn agar pembelajaran dilaksanakan dengan daring (online) dan melarang keras pembelajaran tatap muka mengingat meningkatnya penyebaran covid 19 di wilayah Kabupaten Kutai Timur.

Kaltim Prima Coal yang diwakili oleh Sugeng Wiyatno menyampaikan bahwa PT. KPC telah bekerja sama dengan SMAN 1 Rantau Pulung sejak 2008 sampai sekarang. Pondasi kerjasama tersebut ditanamkan pertama kali oleh Taufik Hidayat, M.Pd selaku Kepala Sekolah pada waktu itu. Sugeng Wiyatno berharap agar SMAN 1 Rantau Pulung dapat menjaga hubungan baik, berkoordinasi, berkolaborasi, dan bersinergi dengan PT. Kaltim Prima Coal dalam membangun pendidikan di Rantau Pulung. Beliau juga memberikan saran agar Kebun Kelapa Sawit Harapan Prima tidak hanya dimanfaatkan nilai ekonominya saja, akan tetapi lebih menekankan pada bagaimana kebun itu bisa menjadi media belajar bagi siswa-siswi SMAN 1 Rantau Pulung.

 

Mulyono, S.STP., M.Si yang merupakan Camat Rantau Pulung juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada PT. KPC yang telah berkontribusi besar tidak hanya dalam bidang pendidikan saja, akan tetapi juga di berbagai bidang dan sektor-sektor lain di wilayah Kecamatan Rantau Pulung. Camat yang dikukuhkan sebagai camat terbaik tingkat Provinsi tersebut menyadari bahwa PT. KPC mempunyai peran strategis dalam memajukan pendidikan di wilayah Kecamatan Rantau Pulung. Mengingat sekarang ini masa pandemi virus korona, beliau tidak lupa berpesan kepada masyarakat agar tetap menjaga kesehatan, selalu waspada dan mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

DOWNLOAD APLIKASI ANDROID WARTA KUTIM