oleh

Pemkot Samarinda Akan Alih Fungsikan RSUD Moeis Jadi RS Khusus Covid-19

-Berita-Dibaca : 372 Kali

Wali Kota Samarinda Andi Harun akan mengalihkan fungsi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) IA Moeis menjadi tempat khusus penanganan covid 100 persen. Hal tersebut ia sampaikan usai menggelar rapat penanggulangan covid-19.

Pengalihan fungsi tersebut diambil lantaran beberapa rumah sakit (RS) mengalami kepadatan akibat kenaikan kasus positif belakangan ini. Seperti yang sudah diketahui beberapa rumah sakit seperti RSUD Abdul Wahab Syahrani (AWS) dan Samarinda Medical Center (SMC) telah mencapai 90 persen bed okupansi rate (bor).

” Jadi sebab penuhnya AWS lantaran pasien Covid-19 yang meninggal dunia di rumah juga dikirim kesana, Alternatif yang paling buruk harus kami siapkan, salah satunya mengalihfungsikan RSUD IA Moeis menjadi RS khusus Covid-19,” Kata Andi Harun saat di temui awak media, Senin (12/7/2021).

Pengalih fungsian RSUD IA Moeis adalah untuk mengantisipasi jika keadaan yang lebih buruk kembali melanda. Sementara itu pasien non covid yang dirawat dirumah sakit tersebut akan di alihkan ke beberapa rumah sakit yang tak menangani pasien covid-19.

” Walaupun kecendrungan sekarang turun, tentu saya akan memperkirakan juga keadaan yang tidak kita duga, jadi kita tidak mengalami kepanikan,” tuturnya.

Selain RSUD IA Moeis, AH sapaan akrabnya juga menyebutkan bahwa akan mengalihkan beberapa rumah sakit swasta menjadi rumah sakit khusus covid-19 jika di perlukan.

Selanjutnya AH juga menyiapkan beberapa perekrutan dan pelatihan bagi pemulasaraan untuk membantu beban RSUD AWS.

” Seperti yang saya bilang tadi AWS penuh, nah ini pemulasaraan kan kurang. Dan mereka harus ada pelatihan juga, dan sore ini akan saya minta rumusannya tempat nya di mana, rumah sakitnya rumah sakit apa, pelatihan nya gimana dalam sehari-dua hari ini. Mulai pengurus, pengantaran, dan pemakaman,” pungkasnya.