oleh

Wasekjen Demokrat Ingatkan Pemerintah Tidak Peras Keringat Rakyat Berlakukan Jual Vaksin Berbayar

-Berita Pilihan-Dibaca : 396 Kali

JAKARTA – Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Irwan (Fecho) mengingatkan, Pemerintah untuk tidak memeras keringat rakyat dengan alasan gotong royong.

Hal itu menanggapi kabar bahwa masyarakat dapat melakukan vaksinasi secara mandiri, dengan membeli vaksin dan dilakukan di klinik Kimia Farma.

Kimia Farma yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang Farmasi berencana akan membuka klinik vaksinasi Gotong Royong (VGR) individu secara resmi, pada Senin (12/7/2021).

“Kata gotong royong itu mulia.Tapi dagang vaksin dengan alasan gotong royong itu menipu rakyat di tengah derita pandemi,” kata Irwan kepada awak media, di Jakarta, Minggu (11/7/2021)

Ia berpendapat, pemberian vaksin kepada rakyat merupakan tugas negara, terlebih di tengah kondisi pandemi darurat seperti saat ini. Negara, lanjut wakil sekertaris jenderal (Wasekjen) Demokrat itu, harus melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.

“Jika memang vaksin berlebih dan stok tersedia mengapa negara tidak membeli dan mengadakannya untuk rakyat di tengah proses distribusi vaksinasi yang terbatas dan masih rendah persentasinya,” ketus legislator dari Dapil Kalimantan Timur tersebut.

Padahal, kata Irwan, Negara sudah diberikan kekuasaan yang luas dan juga pengelolaan keuangan yang banyak melalui Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2020. Lalu, mengapa negara harus jualan vaksin pada rakyatnya?

“BUMN itu badan usaha milik negara yang artinya juga milik rakyat. Ini penjajahan pada rakyat sendiri di tengah derita pandemi. Harus dihentikan,” pungkas anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI itu.

Seperti diberitakan, Wakil Menteri BUMN Pahala N. Mansury menyatakan bahwa Vaksinasi Gotong Royong (VGR) Individu dapat mempercepat pembentukan kekebalan komunal (herd immunity). Sehingga pemulihan perekonomian nasional dapat berjalan lebih cepat.

“Kimia Farma sebagai bagian dari Holding BUMN Farmasi berkomitmen untuk berkolaborasi dan bersinergi dengan seluruh pihak untuk mempercepat vaksinasi nasional baik melalui Vaksinasi Gotong Royong Perusahaan maupun Individu,” ujarnya saat meninjau pelaksanaan VGR Individu di Klinik Kimia Farma Senen, Sabtu (10/7/2021). (Jal)