oleh

Anggota DPR RI Irwan Fecho Buka Bimtek SAR bagi Milenial dan Santri

-Berita Pilihan-Dibaca : 113 Kali

WARTAKUTIM.CO.ID, Balikpapan— Anggota Komisi V DPR RI Daerah Pemilihan Kalimantan Timur membuka bimbingan teknis SAR di Kantor SAR Balikpapan, Kalimantan Timur.

Pelatihan SAR ini diikuti sebanyak 25 peserta yang kebanyakan kaum milenial. Adapun sebagian juga para santri dari Ponpes Hidayatullah Balikpapan.

Menurut Irwan, pelatihan ini diharapkan dapat memunculkan kader khususnya para milenial dan santri dalam melakukan pertolongan pertama akan suatu kejadian.

“Ini pertama kali di Kaltim, Basarnas memberikan Bimtek SAR untuk santri dan milenial. Ke depan terus menjadi agenda rutin Basarnas dengan persetujuan DPR khususnya Komisi V,” jelas Irwan dalam keterangan tertulisnya, Rabu (13/10/2021).

Irwan melanjutkan, partisipasi aktif masyarakat dalam pencarian dan pertolongan adalah kunci keberhasilan SAR.

Untuk itu Irwan terus mendorong pelatihan potensi SAR kepada organisasi-organisasi yang memiliki tenaga resquer eksisting selama ini yang perlu ditingkatkan kompetensi dan kemampuannya sehingga pada saat ada kejadian musibah atau bencana maka kita punya kemampuan di daerah untuk pencarian dan pertolongan serta penyelamatan.

“Sebagai salah satu mitra strategis Komisi V DPR RI, tahun depan kita terus akan tingkatkan baik jumlah kegiatan maupun anggaran untuk pelatihan berikut perlengkapan kantor SAR di Kaltim,” demikian Irwan.

Diketahui, dalam pembukaan tersebut juga dihadiri Marsekal Pertama Arif Widianto selaku direktur Bina Tenaga Basarnas.

Tak hanya itu Kepala Kantor SAR Balikpapan Melky juga turut mendampingi.