Cegah Kebutaaan! Perdami, Dinkes, dan PT KPC Gelar Operasi Katarak.

Wartakutim.co.id, Sangatta – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur melalui Dinas Kesehatan bersama Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) Provinsi Kalimantan Timur-Kalimantan Utara (Perdami Kaltim-Kaltara), dan PT Kaltim Prima Coal akan menggelar operasi katarak untuk puluhan orang warga Kutim pada Sabtu (30/7/2022) esok di Tepian Baru Kecamatan Bengalon.

Acting Manager Empowerment PT Kaltim Prima Coal Sugeng Wiyatno menyebutkan, PT KPC bersama-sama dengan Pemkab Kutim melalui Dinkes dan Perdami Kaltim-Kaltara. Menyelenggarakan kembali kegiatan operasi katarak gratis, setelah beberapa tahun sebelumnya terhenti akibat pandemi COVID-19. Kegiatan ini telah dipublish ke tiap kecamatan di Kutim, dengan total pendaftar yang masuk sekitar 100-an orang calon peserta. Yang telah melewati screaning sebanyak 40 orang hingga, Jum’at (29/7/2022) siang.

“Terakhir dilaksanakan pada tahun 2019, pasca pandemi kita kembali menyelenggarakan operasi katarak sebagai wujud kepedulian sosial terhadap penderita penyakit katarak. Dari ratusan calon peserta yang mendaftar, kami lakukan screaning dan selanjutnya ada 40 pasien yang akan ditindaklanjuti untuk mengikuti operasi katarak,” ujar Sugeng Wiyatno.

 

Ditambahkan Sekretaris Perdami Cabang Kaltim-Kaltara dr Eka Falentina Wati, bakti sosial operasi katarak di Kutim telah berlangsung sejak 2017 lalu, hanya saja sejak pandemi COVID-19 kegiatan mereka kemudian vakum.

“Mendekati Juli akhir, kita memulai kembali kegiatan Perdami Kaltim-Kaltara di Kutim. Terlebih animo masyarakat dan Pemkab Kutim terhadap kegiatan organisasi kami begitu tinggi, terkait kesehatan mata. Maka kita menawarkan program baksos operasi katarak,”jelasnya. (ADV-KOMINFO/Imr/Wal)