Pelatihan Pengerajin Rotan Plus Pengembangan UMKM

Wartakutim.co.id, Sangatta – Tidak hanya sekedar memberikan pelatihan kepada para pengerajin rotan di Kutai Timur, Dinas Koperasi dan UMKM juga terus menumbuhkan perekonomian masyarakat lewat pembinaan usaha ekonomi kreatif.

Hal ini senada dengan harapan Bupati Ardiansyah Sulaiman, dimana rotan merupakan tanaman hutan di Kalimantan. Rotan menjadi tanaman yang berpengaruh pada kehidupan masyarakat asli daerah, ia dikembangkan secara turun-temurun lewat upaya budidaya.

“Tumbuh banyak di Kutim, harus terus dikembangkan sebagai produk kerajinan lokal daerah yang harus menunjang ekonomi kerakyatan. Nilai tambahnya diharapkan membantu masyarakat. Termasuk dengan upaya menggarap lisensi Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN), sehingga terus memacu semangat berkarya seluruh pengerajin rotan,” ungkap Bupati Ardiansyah Sulaiman.

Sementara itu, Kadiskop UMKM Darsafani menyebutkan bahwa pihaknya akan terus berupaya secara maksimal untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia bagi pelaku usaha kreatif.

“Yakni dengan melakukan kerjasama para pelaku usaha warung makan atau sejeninya, agar bisa memasarkan produk UMKM, sehingga perekonomian dan kesejahteraan pulih dan bangkit,” tegasnya saat ditemui disela-sela acara pelatihan pada Jumat (26/8/2022). (ADV-KOMINFO/Imr/Wal)