Ragam  

Lewat DAK! Ratusan Sekolah Terima Bantuan Laptop

Wartakutim.co.id, Sangatta – Melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) 112 Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Kutai Timur mendapatkan bantuan laptop (chromebook), yang bertujuan memudahkan pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).

Diterangkan Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Irma Yuwinda melalui Kabid Pendidikan Dasar Uud Sudiharjo, bantuan lewat DAK tersebut diberikan untuk membantu pelaksanaan asesmen nasional sebagai pengganti ujian nasional.

“Dari 122 SD yang mendapatkannya, diberikan 15 unit untuk tiap sekolah. Selain itu selanjutnya juga dapat dipergunakan para guru dalam proses pembelajaran. Terlebih langsung dapat terkoneksi ke jaringan internet,” tukasnya pada Rabu (9/11/2022).

Dalam penggunaannya untuk asesmen hanya untuk satu kali tes, dengan jumlah 15 orang. Itu dianggap sudah dapat mencukupi pada jenjang sekolah dasar. Namun memang pemakaian laptop bantuan tersebut, hanya di lingkungan sekolah dan tidak boleh dibawa keluar.

Sehingga selain untuk kegiatan ANBK, pihak sekolah juga mampu berinovasi di era pelaksanaan Merdeka Belajar. Sehingga anak-anak dididik tidak gagap teknologi.

“Pemkab Kutim juga telah memberikan kesempatan seluas-luasnya di era digital sekarang, agar sekolah mampu memanfatkan bantuan tersebut dalam berkreasi dan berkarya,” jelasnya.

Perlu diketahui hal ini juga mendukung pelaksanaan kebijakan Merdeka Belajar dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Kebijakan yang mentransformasi pendidikan demi terwujudnya Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul Indonesia yang memiliki Profil Pelajar Pancasila. (ADV-KOMINFO/Imr)