Ragam  

Perihal P5 – Siswa SD Temui Wabup Kasmidi

Wartakutim.co.id, Sangatta – Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan bagian dari Kurikulum Merdeka yang menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) yang berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek dalam program intrakurikuler di dalam kelas.

Hal itulah yang kemudian membuat ratusan anak-anak Sekolah Dasar Negeri (SDN) 004 Sangatta Utara menemui Wakil Bupati Kasmidi Bulang, pada Selasa (15/11/2022) di Ruang Meranti Sekretariat Kabupaten Kutim. Kedatangan siswa-siswi tersebut dipimpin Kepala Sekolah SDN 004 Sangatta UtaraHery Junaidi yang dipandu langsung Plt Kadisdik Kutim Irma Yuwinda, Kabid Pendidikan Dasar Uud Sudiharjo, serta guru-guru SDN 004 lainnya.

Wabup Kasmidi Bulang menyambut dengan antusias kedatangan siswa-siswi SD tersebut, dimana ia lantas berinteraksi dengan meminta beberapaanak untuk maju kedepan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait pengamalan sila-sila dalam Pancasila hingga perihal sosial dan budaya.

“Saya lemparkan pertanyaan terkait Pancasila, lalu ada pertanyaan terkait nama-nama suku di Indonesia. Selain itu kita berikan pertanyaan mengenai siapa nama Bupati Kutim hingga nama Kepsek mereka. Anak-anak itu cerdas dan lucu, kita berikan hadiah pada mereka yang bisa menjawab,” ungkap Kasmidi Bulang.

Perlu pembaca ketahui, P5 bertujuan untuk mewujudkan karakter profil pelajar Pancasila yang berakhlak mulia, berkebhinekaan global, mandiri, bergotong royong, bernalar kritis serta kreatif, sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.

Sementara itu Kepsek SDN 004 Hery Junaidi menyebutkan, kegiatan P5 masuk dalam kurikulum Merdeka Belajar dengan salah-satu caranya mengenalkan pada anak-anak kondisi di sekelilingnya. Sehingga bertemu Wabup Kasmidi Bulang menjadi sarana pembelajaran yang berarti sekali bagi anak-anak.

“Ini jelas melatih rasa percaya diri anak-anak. Mereka tentu termotivasi ketika melihat sosok Wabup Kasmidi Bulang dari dekat. Memancing semangat belajar dan cita-cita mereka kedepannya,” tukas Kepsek SDN 004. (ADV-KOMINFO/Wal/Imr)