Kaltim  

Pacu Profesionalisme Pengawas Pekerjaan Kontruksi Lewat Bimtek

Wartakutim.co.id, Sangatta – Dinas Pekerjan Umum (DPU) memiliki peranan penting dan strategis dalam menyediakan perihal infrastruktur. Hal itu tidak hanya bersifat fisik namun multidimensional, dimana berpengaruh penting pada titik pangkal penilaian pertumbuhan dan perkembangan suatu daerah.

Terlebih dalam ketentuan Undang-undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi dan Peraturan Pelaksanaannya yang menyatakan bahwa penyelenggara pekerjaan konstruksi wajib mewujudkan hasil pekerjaan konstruksi yang handal dan bermanfaat dengan memenuhi ketentuan tertib penyelenggaraan pekerjaan konstruksi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kutim Muhammad Muhir menyebutkan itulah pentingnya dilaksanakan, Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengawasan Pekerjaan Konstruksi pada Bidang Bina Konstruksi pada Rabu (16/11/2022) di Hotel Royal Victoria.

“Narasumbernya diambil dari Balai Pengembangan Kompetensi Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat PUPR Wilayah VII Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Pelatihan berlangsung selama tiga hari, dengan harapan kemampuan sumber daya manusia dan wawasan ASN di DPU Kutim dapat berjalan searah dengan aturan main pengawasan dan perundang-undangan,” tukas mantan Camat Muara Ancalong ini.

Ditambahkan Kabid Bina Jasa Kontruksi DPU Kutim R. Ramadhan jka kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut, berguna sekali dalam mencapai tertibnya penyelenggaraan konstruksi hingga manajemen pelaksanaan dan pengendalian kontrak.

“Terdapat 30 orang peserta, yang berasal dari 3 Bidang dan 2 Unit Pengelola Teknis yang berada di bawah DPU Kutim mengikuti pelatihan ini secara intens,” ujarnya. (ADV-KOMINFO/Imr/Wal)