Ragam  

Tunjang Laju Teknologi Informasi dan Komunikasi

Wartakutim.co.id, Sangatta – Pelayanan dalam bentuk Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) diberikan oleh pemerintah kabupaten dalam menunjang layanan untuk masyarakat secara luas untuk seluruh wilayah baik di pedalaman maupun pesisir.

Mulai dari Satu Data Kutai Timur, Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR), Call Centre 112, termasuk free wifi pada area-area publik baik dalam wilayah ibukota kabupaten hingga kecamatan dan desa-desa.

Kadis Kominfo-Peristik Kutim Ery Mulyadi menyebutkan jika pada April lalu, seluruh desa telah terlayani dan terjangkau oleh jaringan internet. Termasuk dengan adanya Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) untuk menunjang informasi bagi masyarakat.

“Tak saja perkembangan penguatan jaringan masuk ke desa-desa yang menjadi fokus utama yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur. Tetapi kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, dimanfaatkan benar-benarKominfo-Peristik untuk menguatkan layanan internal pemerintah di kawasan perkantoran Bukit Pelangi Sangatta,” tukasnya pada Rabu (16/11/2022).

Termasuk bandwith untuk tiap-tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terintegrasi dalam beragam aplikasi hingga penambahan kapasitas server. Selain itu dikuatkan pula literasi digital lewat Sumber Daya Manusia (SDM) agar mampu memberikan materi dalam penguatan kapasitas teknologi informasi dan komunikasi.

“Termasuk untuk Domain Name System (DNS) kutaitimurkab.go.id sebagai layanan sub domain untuk seluruh OPD hingga kecamatan-kecamatan di daerah ini. Serta kita lakukan pula perihal monitoring dan layanan untuk gangguan atau kerusakan jaringan,” tegas Kadis Kominfo-Peristik. (ADV-KOMINFO/Imr/Wal)