Ragam  

Ribuan Siswa-Siswi SMP Ikuti Manasik Haji di Kutim

Wartakutim.co.id,Sangatta – Sungguh luar biasa, pada Senin (21/11/2022) pagi, ribuan siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kutai Timur mengikuti kegiatan Manasik Haji di Masjid Agung Al-Faruq, Komplek Perkantoran Bukit Pelangi Sangatta.

Kegiatan garapan dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran Agama Islam (MGMPAI) Kutim tersebut diikuti siswa-siswi dari 23 SMP se-Kutim, dengan harapan besar siswa didik tersebut mampu memahami praktik dari ibadah haji yang masuk dalam rukun islam tersebut.

Dalam kesempatan itu hadir Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik Seskab Tejo Yuwono, dari Dinas Pendidikan hadir Hajrah mewakili Plt Kadisdik Irma Yuwinda, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Sofiansyah, serta seluruh pengurus dan anggota MGMPAI Kutim.

Tejo Yuwono menerangkan penting dilakukan pengenalan sejak dini mengenai praktik langsung dilapangan terkait pelaksanaan ibadah haji kepada anak-anak SMP.

“Berpakaian serba putih (Ihram, red) mereka melakukan beberapa kegiatan layaknya berhaji seperti Tawaf, Sa’i, Wukuf di Padang Arafah, Lempar Jumroh, hingga Tahallul. Nilai religius dan memperkuat perasaan anak-anak mengenai haji, dengan tujuan hidup lebih baik,” tukasnya.

Sementara itu, Kasi Penyelenggaran Haji dan Umrah Kemenag Sofiansyah menyebutkan kegiatan ini merupakan momentum penting untuk mengenalkan pada anak-anak tingkat SMP terkait rukun islam yang kelima.

“Ini membuka pikiran anak-anak tentang bagaimana itu pelaksanaan ibadah haji. Kita mengapresiasi kegiatan yang digarap oleh MGMPAI Kutim yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan maupun pihak Kementerian Agama,” jelasnya.

Adapun perwakilan Disdik Kutim menerangkan jika selama ini mungkin masyarakat hanya mengenal praktik haji dilakukan oleh anak-anak PAUD maupun Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar saja. Ternyata didalam kurikulum pendidikan SMP masuk pula perihal ibadah haji.

“Di kurikulum SMP dan syarat sahnya ibadah haji sendiri adalah akil baligh, selain syarat-sayarat lainnya. Alhamdulillah pada hari ini praktik tersebut dapat berlangsung di Masjid Agung Al-Faruq Sangatta,” tambahnya. (ADV-KOMINFO/Imr/Wal)