Hari Disabilitas Internasional – Presiden RI Unggah Ilustrasi Penuh Makna

Wartakutim.co.id, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan perhatian pemerintah terhadap kesejahteraan para penyandang disabilitas. Dia juga menyebut, pemerintah telah mengambil sejumlah langkah demi memberikan kesempatan dan aksebilitas kepada mereka.

Dalam akun media sosial miliknya, Jokowi menyebut Indonesia telah memiliki Komisi Nasional Disabilitas. Selain itu, pemerintah juga menerbitkan sejumlah Peraturan Pemerintah dan Peraturan Presiden.

Dalam unggahannya di akun Instagram tersebut, Presiden turut menyertakan sebuah ilustrasi yang menggambarkan para penyandang disabilitas tetap berkarya dan berprestasi, dengan sosok Presiden Jokowi ada di antara mereka.

Dalam unggahan itu Presiden mengucapkan Selamat Hari Disabilitas Internasional 2022 kepada para penyandang disabilitas.

“Indonesia telah memiliki Komisi Nasional Disabilitas, juga menerbitkan sejumlah Peraturan Pemerintah dan Peraturan Presiden yang mengandung semangat untuk terus meningkatkan kesejahteraan kesempatan dan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas,” kata Presiden dalam akun Instagram @jokowi, Sabtu (3/12/2022).

Presiden turut menyampaikan pembangunan yang maju adalah pembangunan yang melibatkan, mempertimbangkan dan juga memberi akses bagi seluruh rakyat tanpa terkecuali.

Hari Penyandang Disabilitas Internasional atau Hari Difabel Internasional adalah peringatan internasional yang disponsori oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa sejak tahun 1992 dan diperingati setiap tanggal 3 Desember.

Peringatan ini bertujuan untuk mengembangkan wawasan masyarakat akan persoalan-persoalan yang terjadi berkaitan dengan kehidupan para penyandang disabilitas dan memberikan dukungan untuk meningkatkan martabat, hak, dan kesejahteraan para penyandang disabilitas. (Voi/Imr/Wal)