Berita  

IDI Kutim Terjun Ke Pelosok Bantu Masyarakat Lakukan ini!

WARTAKUTIM.CO.ID, SANDARAN – Ratusan warga memadati gedung BPU desa Marukangan , kecamatan Sandaran Kutai Timur untuk mengikuti kegiatan bakti sosial, sunatan massal, periksa kesehatan gratis, Minggu (18/12/2022)

Kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Ikatan dokter Indonesia (IDI) dan HUT ke-58 Hari Kesehatan Nasional.

Dihubungi wartakutim.co.id, kepala desa Marukangan Endi Heriyanto, ST , mengatakan, kegiatan ini atas kerjasama IDI Kutim dengan Pemerintah kecamatan dan Desa untuk mewujudkan masyarakat sehat hingga ke pelosok desa.

“Terima kasih kepada IDI Kutim yang telah menyelenggarakan bakti sosial di desa kami (Marukangan). Masyarakat kami sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut,”ungkap Endi.

Lebih lanjut ia mengatakan, Ini adalah kegiatan pertama kali dilaksanakan IDI Kutim di desa Marukaran. Pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut sebagai bagian dari program IDI dalam mewujudkan masyarakat sehat hingga ke pelosok.

“Kami sangat bersyukur IDI Kutim bisa terjun langsung ke desa kami dan memberikan pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis kepada warga kami dan masyarakat cukup antusias dengan adanya kegiatan tersebut,”katakan

Endi menyebutkan, kegiatan yang diselenggarakan adalah, sunatan massal, Skrining penyakit Jantung, Pemeriksaan USG, PAP SKEAR, dan penyuluhan tentang TBC, Stoke, serta kesehatan jiwa.

Lebih lanjut ia nambahkan, sebanyak 16 tim dokter dan tenaga medis hadir dalam kegiatan tersebut di antaranya,  Dr Didit, Sp.P,Dr Andi, Sp.KJ,Dr Fathur, Sp.PA, Dr Handri,Dr Rudi, SpB,Adik dr. Yulvina,Sp.KFR, Dr Frans,Sri Tutik,Adi Priyatna,Mirna Wangsa,Dr. Arys, Dr Sandri, SpOG, Dr Shinta SpS, Dr Aquarina, Dr Priskilla ,Yirina, S.Kep.

“Kami berharap kegiatan ini bisa terus berlanjut di desa kami, apalagi jarak desa kami dengan rumah sakit yang ada di kabupaten (Sangatta) jaraknya sangat jauh dan kami juga berharap ke depannya fasilitas kesehatan di kecamatan Sandaran memadai dan dirasakan langsung masyarakat disini,”ungkapnya

Ditemui secara terpisah camat Sandaran Tri Sukadar S.Sos j mengatakan kegiatan IDI Kutim sangat membantu masyarakat di pelosok seperti di kecamatan Sandaran.

“ini sebuah kehormatan bagi kami karena, kegiatan seperti ini sangat jarang terjadi, apalagi dokter yang dihadirkan IDI Kutim saat kegiatan tersebut dokter handal yang sudah memiliki nama di Kutim dan ini sangat membantu warga di kecamatan Sandaran”terangnya.

Sementara itu Dr. Yustinus Budi Rindanto,M.Si. mengatakan, kegiatan bakti sosial tersebut merupakan kegiatan rutin yang tiap tahun diadakan IDI menyelusuri pelosok khususnya di Kutim.

“Kebetulan tahun ini bertepatan dengan HUT Ke-72 dan HUT ke-52 HKN, IDI Kutim ini melaksanakan kegiatan baksos ini di kecamatan Sandaran dan sudah diagendakan jauh jauh hari oleh pengurus IDI Kutim,”katanya

Ia menambahkan IDI  berkomitmen untuk menciptakan kesehatan masyarakat hingga ke pelosok, salah satunya kegiatan Baksos di kecamatan Sandaran ini dan banyak hal yang telah di laksanakan IDI Kutim dalam rangka membantu masyarakat.

“Kegiatan ini akan terus dilaksanakan, pesan ketua IDI kepada kami, untuk terus memberikan pelayanan masyarakat tanpa pandang bulu dan menjadikan Kutim sebagai yang selalu peduli dengan kesehatan.”pangkasnya (ADV/wal)