BeritaKecamatan

Ketahanan Pangan di Kecamatan Lewat Pola Agrowisata

188
×

Ketahanan Pangan di Kecamatan Lewat Pola Agrowisata

Sebarkan artikel ini

Wartakutim.co.id, Sangatta – Meningkatkan pendapatan petani adalah suatu hal yang penting, untuk meningkatkan kesejahteraan mereka dan mendorong pembangunan pertanian yang berkelanjutan. Diversifikasi usaha tani membuat petani mampu mengembangkan berbagai jenis usaha tani seperti bertani tanaman pangan, sayuran, buah-buahan, atau bunga, serta beternak hewan ternak.

Hal inilah yang memantik kekaguman dari Bupati Ardiansyah Sulaiman saat melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Teluk Pandan, pada Jum’at (5/5/2023) siang.

Mengingat pihak kecamatan dan masyarakat setempat memadukan agrowisata dengan pertanian untuk sekaligus menguatkan ketahanan pangan. Hal ini dengan kata lain mendukung upaya perangkat daerah baik itu Dinas Ketahanan Pangan maupun Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan, di wilayah kecamatan utamanya Teluk Pandan.

“Kecamatan Teluk Pandan yang merupakan pelintasan utama masuk ke Kutim merupakan kecamatan yang sejak dulu fokus pada sektor pertanian. Lokasi yang tepat untuk mengkolaborasikan antara agrowista dan ketahanan pangan,” ujar orang nomor satudi Kutim itu.

Lebih lanjut Ardiansyah Sulaiman menerangkan menjadikan kawasan pangan sembari meningkatkan sektor pariwisata melalui kegiatan agrowista harus terus dikembangkan.

“Ini menjadi master plan pembangunan oleh Pemkab Kutim, yang tidak saja berimbas pada ketahanan pangan maupun agrowisata, tetapi juga peningkatan ekonomi masyarakat,” harap Bupati. (Wal/ADV)