Berita

Cerita Pengalaman Menggunakan Software Pulsa. Manajemen Harus Baik Jika Tidak Mau Hancur

1665
×

Cerita Pengalaman Menggunakan Software Pulsa. Manajemen Harus Baik Jika Tidak Mau Hancur

Sebarkan artikel ini
Cerita Pengalaman Menggunakan Software Pulsa. Manajemen Harus Baik Jika Tidak Mau Hancur

Dahulu pernah menggunakan Software Pulsa Ini (M-Reffil). Salah Satu Software Pulsa Fenomenal pada awal tahun 2006. Dimana dulu mencoba peruntungan dengan bermain Pulsa Grosir. Dan menyuplai pulsa hampir seluruh Indonesia dengan menggunakan Host To Host via aplikasi Yahoo Messenger, di mana Aplikasi ini salah satu aplikasi yang Chat dan Video Call Pertama tapi menggunakan Via Komputer (PC) atau Laptop.

Awalnya muncul Software Pulsa ini tidak begitu di lirik pasar karena harus bersaing dengan Software RM239, Flash Machine, E-Reffil, 3G Mag, Vre software, dan ARM 19. Namun setelah gencarnya Promosi di Forum Forum diskusi menjadikan Software Pulsa M-Reffil.

Sebelum saya beralih ke M-Reffil saya mencoba beberapa software pulsa. Software yang pertama saya gunakan adalah RM239. Software tersebut saya dapatkan secara gratis atau free. Saya mendownload software tersebut dari sebuah forum diskusi Djawir dot Com. di mana forum diskusi tersebut forum untuk diskusi masalah Handphone.

Setelah mencoba selama hampir satu bulan, ada teman dari forum Djawir menawarkan software yang kinerjanya cukup cepat dan praktis. Software yang saya gunakan itu adalah 3Gmag. Saya akui software tersebut cukup lincah dan kinerjanya lumayan. Namun sayang software yang berasal dari Surabaya itu terdapat banyak BUGS. Dari situlah saya mencoba ingin beralih ke Software lain, sebab beberapa komplain saya saat itu kurang di respons. Mungkin masih belum menemukan solusi BUGSnya pada saat itu.

Keinginan saya untuk beralih software pada saat itu cukup besar. Saya mencoba Flash Machine crack, maklum pada saat itu software tersebut cukup mahal dan bisa di katakan software tersebut menjadi software terbaik dengan pelayanan yang memuaskan. Tapi Sayang software tersebut harganya selangit. Kata orang ada harga ada kualitas.

Setelah Hampir sebulan menggunakan Flash Machine crack, banyak kendala yang saya temukan banyak permasalahan terbesar dari software tersebut. Permasalahan yang paling merugikan saya adalah software tersebut sering melakukan transaksi sendiri tanpa ada permintaan transaksi. Pada saat itu transaksi selalu pulsa 50 Ribu dan 100 Ribu. Saya menyadari setelah ada user ingin melakukan transaksi pulsa 100 ribu ternyata stok saya pada saat itu ada 15 pulsa dan 30 pulsa, saya cek transaksi di laporan transaksi ada melakukan transaksi sebanyak 15 kali dan pulsa 50 sebanyak 20 kali, saya kembali mengecek nomor transaksinya ternyata tidak terdaftar dalam user saya. di situ saya langsung tercengang. Langsung saya berhenti mengoperasikan software tersebut.

Setelah saya mengalami kerugian dan menghentikan sementara software pulsa tersebut. Setelah saya fakum selama hampir seminggu lamanya, saya sambil mencari referensi software di Forum Djawir. setelah hampir seminggu menjelajah di Forum, ada satu topik yang saya temukan cukup trending pada saat itu. Lalu saya mencoba membukannya, ternyata. dari semua pembahasan yang saya temukan hampir semuanya positif posting an nya dan yang postingan kecewa itu di antara salah penggunaan software, namun setelah menyampaikan permasalahannya tim dari software pulsa tersebut langsung di respon, dan yang merespon itu langsung pembuatnya pak Makmun.

Setelah membaca semua postingan di forum tersebut, akhirnya saya menemukan nama software Nya yakni M-Reffil. Pada saat pertama mulai mau mencoba saya melihat sebuah software pulsa yang namanya hampir mirip, di mana banyak postingan yang memiliki kendala, awalnya saya ragu untuk menggunakan, namun setelah saya menghubungi pembuatnya pak Makmun dan bertanya. ia memberikan penjelasan yang cukup menarik, yang menjadi pertimbangan lain saya menggunakan software ini adalah pembuatnya ini sangat cepat respons dan mau menerima masukan terhadap software yang di kembangkannya itu.

Setelah berkomunikasi lewat Via YM atau Yahoo Messenger bahkan sempat telepon telepon di menjelaskan banyak hal dari kelebihan software Nya itu. Yang sangat menarik penjelasannya itu, software pulsa miliknya sangat cepat, software tersebut bisa melakukan 10 transaksi secara bersamaan. tergantung dari HP modulnya berapa banyak di gunakan dan software versi apa yang di gunakan. Karena software ini ada beberapa versi, semakin tinggi versinya semakin banyak modul dan center yang bisa di gunakan. Seingat saya versi versi tersebut ada versi Basic, SP01, SP02 dan Advance. Waktu itu saya mencoba versi Basic di mana kalau tidak salah terdapat sender dan center 6 buah, terminal M-Kios 3 buah, Terminal M-TRONIK / iSEV (Indosat) dan Terminal XL Dial3 buah, yang menarik lagi adalah Software tersebut di support dengan YM terminal yang bisa melakukan Host to Host.

Tanpa pikir panjang lagi, saya mulai meminta kepada pembuatnya untuk di upload agar aku bisa mendownloadnya. di mana Istimewanya lagi saya mendapatkan diskon spesial. di mana harga saat itu Rp2 juta saya hanya membayar 1 Juta itu pun bisa di bayar dua kali.

Akhirnya saya menggunakan software tersebut, tapi sayangnya, keterbatasan terminal atau modulnya membuat transaksi agak terbatas. Pada saat itu transaksi saya 200-300 transaksi per Hari, padahal permintaan sampai 500 transaksi per Hari, itu baru via SMS belum lagi H2H tentu bisa mencapai 2.000 sampai 3.000 per Hari. Saya kembali menghubungi pembuatnya pak Makmun, dia langsung respons. Namun pada saat itu uang saya masih belum cukup untuk memberi versi SP02 atau Advance. dia memberikan solusi dengan di cicil. akhirnya saya Upgrade dari Basic ke SP02.

Transaksi pada saat itu cukup lancar baik via SMS atau Via YM, transaksi langsung meningkat sampai 700 hingga 1.000 per Hari. waktu itu saya kerja sama dengan Dealer Pulsa Telesindo, mereka sangat support dalam menyuplai pulsa kasus nya pulsa 10 dan pulsa 100. Pesanan saya pada saat itu per Minggunya bisa mencapai sampai 10 ribu hingga 15 ribu All nominal. Belum lagi pulsa M-tronik 500 all iten dan XL 300 item.

Telesindo pada saat itu memberikan Keringanan dengan bisa ambil pulsa secara mencicil, dua sampai tiga kali order. Lebih asiknya lagi Telesindo bisa pesan dulu dan bayarnya setengah atau belakangan atau dibayar saat mau order pulsa kembali. saat itu sangat menguntungkan menggunakan M-Reffil, selain transaksi mudah dan cepat sangat menguntungkan.

Perlahan tapi pasti ada kendala utama yang saya dapatkan, bukan dari software Nya tapi manajemen saya kurang tertata rapi. Saat menggunakan software tersebut user saya mencapai sekitar 700 user namun yang aktif cuma setengahnya. Kesalah saya bermula saat saya memberikan utangan kepada user ingin deposit, saya berpikir dengan cara seperti itu bisa meningkatkan transaksi. Namun, apa yang saya harapkan tidak berjalan lancar dan tidak sesuai harapan. User yang utang saat deposit itu sekitar 100 user lebih. Ada dalam kota bahkan ada dari luar kota. Pada saat itu saya menggunakan sistem kepercayaan. Awalnya semuanya berjalan lancar, namun setelah beberapa kali transaksi pembayaran mulai tidak lancar dan bahkan ada yang tidak melakukan pembayaran sama sekali. ketika saya mendatangi counter Nya rata-rata tutup dan ada pula yang pindah.

Kesalah kedua saya itu, ketika ada user yang mau deposit dan bayarnya belakangan, saya selalu tingkatkan deposit nya. Biasa nya dia mau deposit 100 ribu sampai 200 ribu, saya selalu menawarkan 500 sampai 1 juta untuk melakukan deposit agar bisa sekalian dibayar di saat mereka datang ke counter aku.

Emang pada saat itu saya bisa langsung memblokir user yang belum melakukan pembayaran, tetapi Saldo mereka di sisa 20 ribu ada juga sampai 100 ribu. Saya kurang kontrol pada saat itu karena saya percaya sama operator saya. Ada sekitar 25 sampai 40 user yang mandek pembayarannya, ditagih susah bahkan ada yang mencicil, yang paling besar tagihannya pada saat itu sebesar Rp5 juta, dan sampai sebelum aku menutup usaha software pulsa saya mereka sama sekali tidak ada datang membayarnya. Kerugian besar yang saya terima dari usaha tersebut. Bukannya untung malahan Buntung.

Itulah pengalaman pahitnya dalam berusaha. Jangan sekali kali sepenuhnya mempercayai user apalagi jika mau mengutang. awalnya sangat lancar, ketika transaksi ke-5 dan seterusnya ada cela untuk melakukan kecurangan. Tidak semua pelanggan kita bisa bersikap jujur, apalagi di saat mereka sudah tersangkut utang akan lebih susah lagi untuk mengembalikannya.

Saya pikir ini sebuah pembelajaran bukan hanya saya, pembaca artikel ini bisa menjadi pelajaran dari pengalaman saya. usahalah dengan penuh ke jujuran dan jangan menggunakan ribah. Usaha yang menggunakan ribah tidak akan bertahan lama. biar hasilnya sedikit yang penting lancar dan jangan menggebu gebu untuk menghasilkan keuntungan besar. Sebab usaha harus dilakukan tahap demi tahap, jangan percaya bujuk rayuan manis dari Kreditur. sebab jika manajemen kita rapuh akan terjungkal seperti saya. (PEM_01)