BeritaRagam

Kasmidi Bulang : Penting Menyusun Dokumen Rencana Aksi Daerah

375
×

Kasmidi Bulang : Penting Menyusun Dokumen Rencana Aksi Daerah

Sebarkan artikel ini

Wartakutim.co.id, Sangatta – Pada Ekspos Dokumen Rencana Aksi Daerah (RAD) Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Kutai Timur yang berlangsung di Hotel Harris Samarinda pada Jumat (21/7/2023), Wakil Bupati Kasmidi Bulang menyoroti pentingnya penyusunan dokumen RAD sebagai landasan strategis bagi pembangunan berkelanjutan di daerah tersebut.

Dalam acara yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kutim, Wakil Bupati Kasmidi Bulang, yang dikenal dengan postur tubuhnya yang tinggi dan gagah, dengan tegas mengungkapkan bahwa keputusan dan tindakan konkret yang diambil di tingkat daerah dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap keberlanjutan pembangunan, terutama jika dilakukan dengan arah dan prioritas yang jelas terukur.

“Dalam upaya mewujudkan visi dan target-target yang telah ditetapkan, kita perlu memprioritaskan prinsip inklusivitas, yang mengharuskan keterlibatan setiap lapisan masyarakat dalam proses perencanaan dan pelaksanaan pembangunan,” ungkap Wakil Bupati dalam pidatonya. Ia juga menambahkan bahwa prinsip kolaborasi, yaitu bekerja sama dengan berbagai pihak terkait, juga harus dipegang teguh dalam setiap langkah perjalanan pembangunan.

Lebih lanjut, Kasmidi menjelaskan bahwa dokumen RAD ini bukan hanya sekadar rencana aksi, tetapi merupakan panduan komprehensif bagi daerah dalam mewujudkan tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan. Dokumen ini, yang disusun oleh pemerintah daerah, mencerminkan komitmen kuat untuk mengarahkan pembangunan wilayah menuju hasil yang diinginkan.

“Sangatlah penting bagi kita untuk memahami bahwa pembangunan Kutai Timur bukanlah tugas yang dapat dilakukan pemerintah sendirian. Kolaborasi dan sinergi dengan berbagai pihak, termasuk masyarakat, sektor swasta, dan lembaga non-pemerintah, merupakan kunci kesuksesan dalam mencapai target pembangunan yang berkelanjutan,” tegas Kasmidi.

Semakin jauh, ia menegaskan bahwa melalui sinergi yang kuat dan kerjasama yang erat, tantangan-tantangan pembangunan dapat diatasi dengan lebih efektif dan efisien. “Kita semua memiliki peran penting dalam perjalanan ini, dan dengan semangat kolaboratif, saya yakin kita akan mampu menciptakan dampak positif yang berkelanjutan bagi Kutai Timur,” pungkasnya.

Dengan demikian, acara Ekspos Dokumen RAD ini tidak hanya menjadi momentum penting dalam menggali potensi pembangunan Kutai Timur, tetapi juga menggarisbawahi urgensi mengadopsi pendekatan inklusif dan berkolaborasi dalam upaya menuju masa depan yang lebih baik bagi daerah tersebut. (Wal/adv)