Berita

Wabup Kasmidi Bulang Membuka Local Market Sangatta untuk Mendorong Produk Lokal Anak Muda Kutai Timur

43
×

Wabup Kasmidi Bulang Membuka Local Market Sangatta untuk Mendorong Produk Lokal Anak Muda Kutai Timur

Sebarkan artikel ini

WARTAKUTIM.CO.ID,SANGATTA – Acara pembukaan Local Market Sangatta diresmikan oleh Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim), Kasmidi Bulang, yang didampingi oleh Pembina Local Market Sangatta, Asti Mazar, serta jajaran Forkopimda yang turut hadir. Acara ini ditandai dengan pemukulan stik ke drum secara simbolis sebagai tanda dimulainya kegiatan Local Market Sangatta.

Dalam kesempatan ini, Wabup Kasmidi Bulang mengungkapkan bahwa konsep Local Market Sangatta awalnya muncul dari obrolan di antara para pelaku kedai kopi, dengan tujuan memberikan peluang kepada para pemula dalam berbagai jenis usaha, terutama kepada anak muda lokal dari Kutim.

“Visi ke depannya adalah bersaing di tingkat yang lebih tinggi, baik di provinsi maupun internasional. Kami tidak ingin membatasi, yang terpenting adalah menghasilkan perputaran ekonomi yang positif,” ungkap Wabup Kasmidi.

Ia menekankan bahwa Local Market Sangatta memiliki potensi untuk menjadi barometer industri produk anak muda di Kutim, sesuai dengan tema yang diusung dalam acara ini, yaitu “Produk Lokal Eksis, Ekonomi Kutim Bangkit.”

“Kami berharap acara ini terus eksis dan menjadi wadah bagi kreativitas anak muda Kutim, serta turut membantu meningkatkan perputaran ekonomi di daerah ini,” tambahnya.

Dalam rangka memeriahkan pembukaan Local Market Sangatta, panitia juga menghadirkan artis ibu kota, Ali Taher, untuk menghibur para penonton yang hadir. Ali Taher tampil dengan membawakan beberapa lagu cover milik Coldplay, seperti “Yellow” dan “Fix You,” serta beberapa lagu ciptaannya sendiri yang berhasil mengundang decak tawa dari para penonton.

Dengan diresmikannya Local Market Sangatta, diharapkan akan terjadi peningkatan dukungan terhadap produk-produk lokal anak muda Kutai Timur, serta mendorong semangat kreativitas dan perkembangan ekonomi lokal.

Dalam suasana penuh semangat dan kreativitas, keberadaan komunitas bagi para individu berbakat kreatif menjadi sangat penting. Komunitas menjadi wadah yang memungkinkan mereka dengan minat yang serupa untuk berkumpul, berbagi ide, dan saling mendukung. Dalam konteks ini, Local Market muncul sebagai acara yang mempromosikan brand lokal dan memberikan wadah bagi para pengusaha kreatif dengan produk berkualitas.

Kali ini, Alun-alun Helipad di Bukit Pelangi, Kecamatan Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menjadi tempat berlangsungnya Local Market Sangatta. Acara ini diadakan selama tiga hari, dari tanggal 20 Juli hingga 22 Juli 2023. Dengan tema “Produk Lokal Eksis, Ekonomi Kutim Bangkit,” Local Market Sangatta mencerminkan semangat pemulihan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pasca pandemi.

Acara ini berhasil mengumpulkan 80 tenant lokal dari Kutim, yang menampilkan berbagai produk kreatif dan berkualitas. Dari barang-barang kerajinan tangan hingga kuliner lokal, Local Market Sangatta menjadi ajang untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk-produk lokal kepada masyarakat. Dengan demikian, acara ini bukan hanya tentang penjualan, tetapi juga tentang membangun kesadaran akan pentingnya mendukung ekonomi lokal.

Para pengunjung Local Market Sangatta tidak hanya dapat menikmati berbelanja produk lokal yang unik dan berkualitas, tetapi juga dapat merasakan semangat komunitas dan kebanggaan atas produk-produk buatan lokal. Keberadaan acara ini menjadi bukti nyata bahwa ekonomi kreatif lokal memiliki potensi besar untuk berkembang dan berkontribusi dalam pemulihan ekonomi daerah. (adv)