Berita

Wawasan Kebangsaan dan Ideologi Pancasila – Pondasi Utama Bangsa

358
×

Wawasan Kebangsaan dan Ideologi Pancasila – Pondasi Utama Bangsa

Sebarkan artikel ini

Wartakutim.co.id, Sangatta – Wawasan kebangsaan penting dalam membentuk arah perjalanan bangsa dan negara, yang diterapkan tahapannya secara terperinci oleh para Founding Fathers.

Inilah yang menjadi titik poin kegiatan sosialisasi, mengenai wawasan kebangsaan bagi tokoh agama dan masyarakat Kabupaten Kutai Timur pada Senin (24/07/2023), di Ruang Meranti Kantor Bupati.

“Awal pergerakan yakni di tahun 1908 hingga 1945, hingga kemudian hal ini tidak boleh luntur. Dalam rangka memperkokoh bangunan yang berupa bangsa Indonesia,” terang Asisten Pemkesra Seskab Kutim Poniso Suryo Renggono.

Kegiatan bertema,”Penguatan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, Mari Kita Jaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa” merupakan garapan dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol),

“Kita memiliki beragam suku dan budaya, suatu keanekaragaman yang menguatkan pondasi berbangsa. memunculkan semangat, mulai dari gotong royong, tepo sliro, prinsip berkeadilan, serta nilai-nilai luhur yang mengkristalisasi menjadi indonesia,” tukas pria yang lama menjadi Camat Rantau Pulung ini.

Kaban Kesbangpol Kutim Muhammad Basuni dalam kesempatan tersebut menerangkan kegiatan sosialisasi ini merupakan kegiatan kedua kali dari beberapa kegiatan serupa dengan sasaran peserta yang berbeda.

“Hari ini kita (Kesbangpol, red) memberikan pemahaman dengan konsep yang kontekstual pada para peserta. Sebelumnya kita juga mengadakan kegiatan serupa dalam waktu dua hari, yang kali ini pesertanya adalah tokoh masyarakat dan ormas dengan harapan besar meningkatkkan wawasan kebangsaan. (Wal/adv)