Berita

Satpol Siapkan Satlinmas Sebanyak 1.191 Orang Untuk Mengawal Pemilu 2024

1578
×

Satpol Siapkan Satlinmas Sebanyak 1.191 Orang Untuk Mengawal Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini

WARTAKUTIM.CO.ID, SANGATTA – Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kutai Timur Didi Herdiansyah menyatakan, terlah mempersiapkan  ribuan personal yang akan di tempatkan di 18 kecamatan di Kutim untuk pengawal dan pengamanan Pemilu 2024.

Hal tersebut diungkapkan Didi saat di tanya awak media persiapan  Satlinmas menghadapi pemilu Legisalatif, Pemilihan Presiden dan Pilkada serentak 2024 mendatang.

“Untuk Satlinmas dari 18 kecamatan itu kami siapkan sebanyak 1.191 orang personal. Saya lupa jumlah TPS di Kutim keseluruhnya berapa banyak, tapi setiap TPS akan kita tempatkan 2 orang Satlinmas,”sebut Didi saat ditemui di kantor DPRD Kutim usai mengikuti rapat paripurna, Jumat (4/7/2023).

Mantan Camat Sangatta Utara ini lebih lanjut menjelaskan, fungsi dan tugas Satlinmas di lapangan saat pemilu berlangsung untuk membantu petugas keamanan dari ke Polisian dan TNI. Selain itu juga mengawal keamanan dan ketertiban pelaksanaan pemilu 2024.

“Tugasnya nanti secara spesifik membantu menjaga TPS yang ada dan nanti juga membackup pihak keamanan dari Polri dan TNI di lapangan. Intinya Satlinmas itu di bertugas di TPS dan kotak suara,”jelasnya.

Lebih jauh ia mengatakan, Satlimnas akan dibekali dengan pelatihan dan Pendidikan tentang cara menangani masalah di lapangan. Tidak hanya pelatihan dan Pendidikan, pihaknya juga telah menyiapkan seragam untuk Satlinmas.

“Ada pelatihan dan pendidikannya. Tidak hanya itu kita juga sudah siapkan seragamnya biar lebih keren, begitu,”ungkap Didik yang saat ini menjabat sebagai Asisten Administrasi Umum Sekkab Kutim ini.

Untuk persiapan tersebut, lanjut Dia, tentunya akan memakan anggaran yang tidak kecil. Diperkiran anggaran untuk pelatihan, Pendidikan, seragam dan honor sebesar Rp3 milliar sampai Rp4milliar. “Saya lupa berapa besar anggarannya untuk semuanya, Namun perkiraan anggaran yang di butuhkan sekitar Rp3 milliar sampai Rp4milliar,”pangkasnya (WAL/adv)