Berita

Bupati Kutim Resmikan TKN dan Mendorong Pendidikan Berkualitas Sejak Dini

225
×

Bupati Kutim Resmikan TKN dan Mendorong Pendidikan Berkualitas Sejak Dini

Sebarkan artikel ini
Bupati Kutim Resmikan TKN dan Mendorong Pendidikan Berkualitas Sejak Dini

WARTAKUTIM.CO.ID,MUARA ANCALONG – Bupati Kutai Timur (Kutim), Ardiansyah Sulaiman, bersama istri Siti Robiah, yang juga Bunda PAUD Kabupaten Kutim, menghadiri acara pengukuhan Bunda PAUD se-Kecamatan Muara Ancalong, Long Mesangat (Longmes), dan Busang. Setelahnya, mereka meresmikan Taman Kanak-Kanak Negeri (TKN) 3 Muara Ancalong di Desa Senyiur pada Sabtu (5/8/2023) siang.

Dalam kesempatan ini, Bupati Ardiansyah Sulaiman menekankan pentingnya pendidikan sejak usia dini. Ia mengungkapkan bahwa konsep pendidikan dini haruslah terintegrasi dengan pendidikan dasar. Hal ini sejalan dengan pesan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim, yang mengusulkan adanya masa transisi yang menyenangkan antara PAUD dengan kelas 1 dan 2 Sekolah Dasar (SD).

“Pendidikan harus mengikuti perkembangan teknologi informasi dan pembangunan, sehingga bisa lebih maksimal dalam mendukung perkembangan sumber daya manusia. Ini merupakan persiapan penting untuk menghadapi tantangan masa depan,” ungkap Bupati Ardiansyah di hadapan para hadirin, termasuk Staf Ahli Bupati Kutim Sulastin, Kadisdik Kutim Mulyono, Camat Muara Ancalong Muh Harun Al Rasyid, Forkopimcam, Kades Senyiur Abu Bakar, perwakilan perusahaan, dan tamu undangan lainnya.

Lebih lanjut, Bupati Ardiansyah menyampaikan komitmen Pemkab Kutim untuk fokus pada pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia, terutama dalam sektor pendidikan. Ia menyoroti pentingnya pendidikan di desa-desa dan mengajukan pertimbangan untuk penambahan sekolah baru, baik tingkat TK maupun SD, di Desa Senyiur yang memiliki populasi sekitar 4.000 jiwa.

Bupati juga mengumumkan rencana kenaikan insentif bagi para guru TK, SD, dan SMP, baik di sekolah negeri maupun swasta. Kenaikan ini diharapkan dapat memberikan semangat baru bagi para guru dalam melaksanakan tugas pendidikan yang berdampak positif pada kualitas pendidikan di daerah tersebut. (Kopi14/Kopi13/ADV)