BeritaNasional

Menteri Budi Arie Ajak Insan Humas Adaptif dan Perkuat Jati Diri Bangsa

170
×

Menteri Budi Arie Ajak Insan Humas Adaptif dan Perkuat Jati Diri Bangsa

Sebarkan artikel ini

Wartakutim.co.id, Jakarta – Penggunaan platform digital kian masif untuk mengakses dan membagikan informasi dalam berbagai format konten. Saat ini, tantangan terbesar terletak pada upaya untuk memastikan informasi yang beredar merupakan informasi yang aktual, faktual, dan akuntabel.

Oleh karena itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengajak insan hubungan masyarakat untuk selalu adaptif dan dapat menjalankan peran memperkuat jati diri bangsa Indonesia.

“Insan humas dituntut untuk semakin adaptif terhadap perkembangan dan inovasi teknologi. Seperti yang kita tahu, penetrasi inovasi digital saat ini telah merambah ke berbagai bidang termasuk perhumasan,” ungkapnya dalam Pembukaan Konvensi Humas Indonesia 2023: Maju Bersama Untuk Indonesia secara daring dari Jakarta Pusat, pada Sabtu (02/09/2023) lalu.

Menteri Budi Arie memberikan gambaran setidaknya 88% ahli kehumasan global menilai perencanaan strategis berbasis data memiliki peranan kunci dalam membangun kehumasan yang sukses.

“Di samping itu, 65% ahli kehumasan global juga menilai bahwa kemampuan data analytics memainkan peranan kunci dalam membangun kehumasan yang akurat,” tuturnya.

Sebagai salah satu profesi yang memiliki tanggungjawab besar dalam menjaga integritas informasi dan komunikasi, Menkominfo menekankan insan humas dapat menjalankan peran dalam memelihara identitas nasional, mempromosikan nilai budaya, dan menguatkan jati diri Indonesia sebagai bangsa yang bermartabat.

“Kita semua mendengar keprihatinan Bapak Presiden dalam pidato kenegaraan yang lalu, tentang mulai lunturnya budaya santun bangsa Indonesia,” tandasnya.

Mewakili Presiden Joko Widodo, Menteri Budi Arie mengajak seluruh insan kehumasan Indonesia, bahu membahu bersama seluruh komponen bangsa, untuk menjaga dan menumbuhkan budi pekerti, baik di ruang fisik maupun ruang digital.

“Hal ini tentu harus menjadi refleksi kita bersama, refleksi untuk memupuk kembali budaya sopan santun di ruang informasi,” tegasnya.

Menkominfo Budi Arie Setiadi mengapresiasi Perhimpunan Hubungan Masyarakat (Perhumas) yang menyelenggarakan kegiatan ini. “Dengan harapan kita mampu Maju Bersama untuk Indonesia,” ungkapnya.

Dalam pembukaan Konvensi Humas Indonesia itu hadir pula secara daring Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Ketua Umum Perhumas Boy Kelana Soebroto. (Jun)