BeritaOlahraga

Terima Tantangan Saul Canelo Alvarez, Cara Ekstrem Jermell Charlo Capai Reputasi Besar

306
×

Terima Tantangan Saul Canelo Alvarez, Cara Ekstrem Jermell Charlo Capai Reputasi Besar

Sebarkan artikel ini

Wartakutim.co.id, Sangatta – Keputusan Jermell Charlo menerima tawaran duel melawan Saul “Canelo” Alvarez adalah sebuah langkah ekstrem untuk mencari nama besar. Duel perebutan gelar juara tinju dunia kelas menengah super (75 kg) antara Canelo vs Charlo akan digelar di Las Vegas pada 30 September mendatang. Mengapa keputusan Charlo disebut ekstrem?

Charlo yang merupakan juara sejati kelas menengah junior (69 kg) meloncat dua kelas untuk menantang Canelo. Dia tidak melakukan adaptasi di kelas menengah (72 kg) terlebih dahulu, seperti yang dilakukan kebanyakan petinju.

Jika berhasil mengalahkan Canelo nanti, maka keberhasilan Charlo adalah kejadian sangat langka dalam dunia tinju. Dalam kurun waktu 20 tahun terakhir baru Roy Jones Jr yang berhasil melakukannya, ketika mengalahkan John Ruiz untuk merebut gelar juara kelas berat WBA di Las Vegas, 1 Maret 2003.

Ketika itu Jones Jr adalah juara kelas berat ringan (79 kg) sejati. Namun tetiba dia meloncat dua kelas, ke kelas berat. Dalam laga yang digelar di Thomas & Mack Center Arena, Jones Jr menang angka 12 ronde dan menjadi juara baru kelas berat WBA. Sampai saat ini belum ada lagi petinju yang mampu melakukannya.

“Saat mendapatkan tawaran pertarungan ini, tidak ada kata yang bisa saya ucapkan selain mengiyakan. Seluruh karier dan impian saya adalah mengejar Canelo. Dia sudah lama ada di puncak persaingan,” kata Charlo seperti dikutip The Ring.

“Kesempatan tersebut sekarang ada di depan mata, dan saya harus menyelesaikannya. Saya harus tuntaskan pekerjaan, dan menunjukkan kemampuan terbaik yang saya miliki,” ujar Charlo menambahkan.

Jermell Charlo (33) menekuni tinju profesional bersama kembarannya, Jermall Charlo yang berkiprah di kelas menengah. Karier Jermell Charlo lebih sukses, karena berhasil menjadi juara di empat badan tinju dunia, sementara Jermall hanya pernah juara di versi WBC.

Charlo menantang Canelo dengan bekal rekor bertanding 35-1-1 (19 KO). Sementara Canelo (33) punya rekor naik ring tinju pro sebanyak 59-2-2 (39 KO). (Jun)