SANGATTA – Dari waktu ke waktu Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tuah Benua Kutai Timur (Kutim), terus maju dan berkembang. Begitupun dalam peningkatan pelayanan di wilayah Kutim. Mulai dari memenuhi kebutuhan air bersih di wilayah perkotaan hingga membuka pemasangan jaringan sampai ke kecamatan. Pimpinan PDAM Tirta Tuah Benua tak henti membuat terobosan demi peningkatan dan terpenuhinya kebutuhan air bersih untuk masyarakat.
“PDAM Tirta Tuah Benua Kutim, khusus di Cabang Sangatta Utara telah melakukan uji coba One Day Service pada proses pemasangan baru. Itu mulai diberlakukan sejak 2018 lalu,” jelas Pjs Direktur PDAM Tirta Tuah Benua Kutim Suparjan, kepada awak media, belum lama ini.
Suparjan menerangkan, One Day Service adalah suatu program inovasi atau terobosan baru yang digeber oleh pihaknya. Khusnya untuk proses penyambungan baru langganan air bersih PDAM. Namun menurutnya saat ini masih berlaku hanya untuk wilayah Sangatta Utara saja. Persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan layanan One Day Service, calon pelanggan tinggal datang ke kantor PDAM Cabang Sangatta Utara, di Jalan Agus Salim, dekat SDN 001 Sangatta Utara untuk mendaftar. Dengan membawa kelengkapan berkas yang dibutuhkan.
“Bagi yang mau mendaftar harus membawa kelengkapan berkasnya di kantor kami (PDAM). Dengan membawa fotocopy KTP, Kartu Keluarga (KK), surat tanah atau IMB, materai 6.000 serta foto copy rekening air tetangga terdekat serta kelengkapan lainnya,” jelas Parjan, sapaan karib Suparjan.
Apabila persyaratan dipenuhi, lanjut Parjan, PDAM langsung melakukan survei melibatkan petugas lapangan. Kemudian calon pelanggan melakukan pembayaran sambungan langganan (SL) baru dikasir atau di Bank Kaltimtara. Setelah dilakukan pembayaran, akan dikeluarkan surat perintah kerja (SPK) pemasangan SL.
“Pelayanan dalam 1 hari ini berlaku, apabila proses pendaftaran dilakukan calon pelanggan sebelum jam 12 siang. Bila melewati jam 13.00, pemasangan akan dilakukan keesokan harinya,” imbuhnya. (hms15)