Warga Kutim, Ukir Prestasi Internasional

 

Tim Memory Sports Indonesia bersama orang tua
Tim Memory Sports Indonesia bersama orang tua

Olahraga, Wartakutim.com – Indonesia berhasil mendominasi Kejuaraan Memory Sports di Philippine, pada 31 Mei-1 Juni 2014, di Eurotel, Quezon City. Indonesia memboyong 31 medali dari tiga kategori, yakni dewasa, yunior dan anak-anak. Kompetisi ini diikuti 68 orang dari lima negera, yakni Philippine, Indonesia, Mongolia, India dan Korea.

Pada kejuaraan ini, delegasi Indonesia menurunkan tujuh orang atlit pada 10 cabang yang dipertandingkan. Hasilnya, 11 medali emas berhasil direbut tim yang semua pesertanya itu berasal dari Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur. Sementara 20 medali sisanya berupa perak dan perunggu, yang meraih masing-masing 10 medali.

Medali emas terbanyak disumbangkan oleh M.Dzakiendra Ammar, (11 tahun), Siswa SD YPPSB 3 Sangatta. Dzakiendra mengikuti Memory Sports di Philippine dari kategori Anak-anak. Dzakiendra juga berhasil mebukukan dirinya sebagai peraih medali terbanyak, yakni 10 buah, terdiri dari lima emas, dua perak dan tiga perunggu.

Penyumbang medali kedua terbanyak adalah Ketua Asosiasi Memory Sport Indonesia, yang juga sebagai Grand Master Memory Yudi Lesmana. Yudi berhasil memboyong delapan medali dari kategori pserta dewasa. Engineer Pit Jupiter PT Kaltim Prima Coal (KPC) itu, meraih dua medali emas, dua perak dan empat perunggu.

Dengan perolehan ini, Indonesia berhasil mengawinkan dua juara umum dalam dua bulan terakhir ini. Dalam dua bulan ini, Tim KPC Indonesia Memory Sports berhasil mengawinkan dua juara umum. Yaitu, juara umum di Japan Friendly Open (4-5 Mei 2014), yang diraih Grand Master Memory Yudi Lesmana. Sementara juara umum di Philippine International Open, diraih oleh Dzakiendra.

“Sungguh sebuah pencapaian yang luar biasa dan di atas target yang ditetapkan pada awal rencana kegiatan “Memory Sports Competition Tour” ini,” kata Ketua Delegasi Indonesia Yudi Lesmana.

Chief Executive Officer (CEO) KPC Endang Ruchijat selaku sponsor tim Indonesia menyampaikan apresiasi atas keberhasilan tim Indonesia. “Sekali lagi selamat atas prestasi yang sangat membanggakan ini. Prestasi ini sangat membanggakan keluarga besar KPC, warga Kutai Timur dan Kaltim serta bangsa Indonesia. Apalagi prestasi ini diraih saat prestasi dari cabang olahraga yang lainnya kurang menggembirakan. Teruslah semangat membesarkan cabag olah raga otak yang satu ini,” kata Endang.

Perkembangan olahraga Memory Championship di Indonesia tidak terlepas dari peran KPC. Sejak awal, KPC menjadi sponsor utama keikutsertaan Indonesia pada ajang Memory Championship. Dukungan itu berlanjut sampai usaha pengembangan olahraga ini di Indonesia.

Sementara itu, menyinggung kompetisi lain pada tahun 2014 ini, menurut Yudi, setidaknya ada tiga kompetisi lagi yang akan diikuti tim hingga Kejuaraan Dunia pada Desember mendatang di China. “Komposisi tim pun dapat berubah sesuai dengan hasil seleksi yang dilakukan Ketua Kontingen menjelang kompetisi lain yang akan diikuti. Mekanisme ini membuka peluang sebesar-besarnya anak-anak Indonesia untuk bergabung dalam tim ini melalui Asosiasi Memory Sports Indonesia,” kata Yudi.(*)

Perolehan Medali Tim Indonesia pada Kejuaraan Memory Sports di Philippine, 31 Mei-1Juni 2014

No Nama Emas Perak Perunggu Total
1 Yudi Lesmana 2 2 4 8
2 Aisha Nadine 2 2 2 6
3 Fakhri Shafly 1 0 1 2
4 M.Dzakiendra 5 2 3 10
5 Shafa Annisa 1 4 0 5
Total 11 10 10 31

 

10 Cabang Kejuaraan Memory Sports di Philippine.

1 15 menit mengingat wajah dan nama
2 15 menit mengingat urutan kata acak
3 30 menit mengingat urutan angka binary acak
4 5 menit mengingat urutan angka acak
5 15 menit mengingat urutan gambar abstrak acak
6 30 menit mengingat angka acak
7 30 menit mengingat urutan kartu remi yang telah dikocok
8 5 menit mengingat tahun dan kejadian
9 Mengingat angka acak yang diucapkan dalam interval 1 detik per 1 angka
10 Mengingat secepat-cepatnya 1 deck kartu remi (52 kartu) yang telahg dikocok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.