Penomoran Plat Motor 3 Huruf Dibelakang Angka, Berlaku di Kutim

KAPOLRESSangatta, wartakutim.com – Dalam waktu dekat sistem penomoran plat kendaraan bermotor, khususnya sepeda motor baru yang berada dalam wilayah Kutai Timur. Akan menggunakan tiga huruf dibelakang angka register kendaraan. Hal ini mengacu pada arahan langsung dari Dirlantas Polda Kalimantan Timur yang ditembuskan keseluruh Poltabes dan Polres, selain itu diperkuat pula oleh Perda No 5 Tahun 2012.

“Hal ini bukanlah sesuatu yang perlu dicemaskan, karena makin banyaknya jumlah kendaraan bermotor yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Maka diperlukan sebuah sistem penomoran baru untuk memudahkan pihak kepolisian dalam mengatur penomeran dan disesuaikan dengan sistem sebelumnya,” ungkap Kapolres Kutim AKBP Edgar Diponegoro didamping Kasat Lantas AKP Afrian Satya.

Dikatakan lebih jauh, selain makin banyaknya jumlah kendaraan bermotor roda dua. Pemberlakukan sistem penomoran baru juga karena habisnya alokasi nomor registrasi kendaraan bermotor roda dua dengan dua huruf dibelakang angka. Sehingga Polres Kutim akan melakukan penomoran dengan tiga huruf dibelakang angka.

“Semisal untuk plat nomor wilayah Kutim, KT XXXX RAA, sehingga yang biasanya dua huruf menjadi tiga huruf. Ini memang nantinya untuk plat kendaraan bermotor keluaran baru khususnya, mengingat itensitas pembelian kendaraan roda dua sangat tinggi di Kutim,” terang pria yang sebelumnya bertugas di Poltabes Balikpapan ini.

Lebih jauh pihak Polres Kutim menerangkan jika, penomoran dan pengurusan surat kendaraan bermotor di Kutai Timur dapat dilakukan di kantor Samsat yang berada searah jalan dengan kantor Polsek Sangatta dan kantor Kecamatan Sangatta Utara. “Sitem register atau penomoran kendaraan merupakan wewenang pihak Kepolisian dan dikoordinasikan dengan Kantor Samsat. Dengan adanya sistem baru ini, maka akan memudahkan untuk melakukan registrasi kendaraan. Apakah mau satu huruf, dua atau tiga huruf, dibelakang angka yang jelas semua ini dimaksudkan untuk memudahkan registrasi,” jelas Kapolres lebih jauh. (kmf3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.