oleh

Kejari Sanggata Musnahkan Ratusan Barang Bukti Hasil Kejahatan 2018

-Hukum Dan Kriminal-Dibaca : 668 Kali

WARTAKUTIM.CO.ID – Kejaksaan Negeri Sangatta, Kutai Timur memusnahkan barang bukti dari perkara tindak pidana umum yang telah memiliki kekuatan hukum tetap (inkrah). Barang bukti yang dimusnahkan tersebut berasal dari kasus periode Januari 2018 hingga Oktober 2018.

Pemusnahaan barang bukti tersebut di laksanakan pada sekitar pukul 10.30 wita di halaman Kantor Kejari Sangatta yang terletak di Bukit Pelangi Sangatta. Turut dalam pemusnahan tersebut wakil bupati Kutai Timur Kasmidi Bulang dan di Saksikan sejumlah perwakilan dari FKPD Kutim.

Kejaksaan negeri Sangatta Mulyadi, SH menyebutkan, 80 persen pemusnahan didominiasi perkara perkara narkoba yang telah memiliki hukum tetap, terutama yang barang buktinya adalah Sabu dan obat terlarang.

“Itu (kasus Narkoba) dan kasus peyalagunaan obat terlarang masih mendominasi kasus-kasus di Kutai Timur,”kata Mulyadi saat ditemui wartawan usai kegiatan pemusnahan barang bukti, Selasa (27/11/2018).

Dia menambahkan, selain barang bukti kasus narkoba, barang bukti kasus penganiayaan dan kasus kriminalitas turut dimusnahkan dalam pemusnahan tersebut. “ada Juga perkara undang undang darurat kepemilikan senjata angin rakitan, sajam dan senjata api rakitan, Itu semua dijerat dalam UU No. 12 tahun 51,”jelasnya

Lebih jauh ia menyebutkan, sebanyak 84 berkas pekara narkoba dengan barang bukti sabu seberat 280,84 gram. Untuk jeratan undang undang kesehatan sebanyak 7 berkas perkara dengan barang bukti obat dobel LL sebanyak 1.940 butir dan zenith pharmaceuticals 300 butir.

“Selain itu ada juga barang bukti dari kasus undang undang darurat sebanyak 5 berkas perkara dengan barang bukti senjata tajam, senjata angin rakitan dan lain lain. Dan kasus KUHP sebanyak 29 perkara dengan barang kampak, tas, handphone dan lain lain, seperti yang rekan rekan wartawan saksikan tadi,”Pangkasnya (wal)