oleh

DPD KNPI Kutim Siapkan Gelaran Pekan Pemuda 2019

SANGATTA – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia Kutai Timur, sejak jauh-jauh hari sudah mempersiapkan peringatan Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober 2019 mendatang dengan kegiatan utama bertajuk Pekan Pemuda. Mengingat hari tersebut adalah tonggak utama dalam sejarah pergerakan pemuda, yang berkaitan dengan kemerdekaan atau kristalisasi berdirinya Republik Indonesia. Hari dimana Sumpah Pemuda diikrarkan dalam prasasti sejarah. “Kami putra putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. Kami putra putri Indonesia mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia. Kami putra putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia”.

“Pekan Pemuda merupakan agenda rutin KNPI Kutim, yang digelar setiap tahun dan mengacu pada sejarah Sumpah Pemuda pada tahun 1928. Dimana untuk Pekan Pemuda sendiri, pertama kali dilakukan pada tahun 2012 lalu, dan rutin digelar hingga sekarang. Untuk Pekan Pemuda tahun 2019 ini, akan ada agenda kegiatan yang sama dengan tahun-tahun sebelumnya, namun dengan kemasan acara yang tentunya lebih baik lagi. Kegiatan ini diharapkan dapat menggali dan membangun potensi-potensi pemuda-pemudi di Kabupaten Kutai Timur,” jelasnya.

Tentu aktifitas-aktifitas pemuda yang bersifat edukatif akan dimunculkan, dimana porsinya sekitar 50 persen dan sisanya lagi sebesar 50 persen akan dibagi tentang kegiatan yang bersifat hiburan dan sosial kemasyarakatan. Bagaimanapun Pekan Pemuda bertujuan untuk mendukung pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kutim. Waktu pelaksanaan sendiri, akan ditempakan pada akhir bulan Oktober 2019 mendatang. Mengingat pada bulan-bulan tersebut akan sangat padat kegiatan semua pihak, baik dari instansi pemerintahan, swasta, maupun juga masyarakat luas.

“Di akhir Oktober akan kita laksanakan kegiatan Pekan Pemuda 2019, karena memang pada bulan tersebut banyak sekali acara-acara. Sehingga kita mencari waktu yang tepat, maka kemudian dipilihlah pada minggu ke-empat bulan depan. Tetapi ini juga merupakan tradisi kita (DPD KNPI Kutim, red), dimana anak-anak muda diberikan ruang untuk mengekspresikan diri dan berkreatifitas,” jelas Sekretaris DPD KNPI Kutim.

Sementara itu, Ketua Panitia Pekan Pemuda DPD KNPI Kutim 2019, Akbar mengungkapkan jika persiapan telah dilakukan pada Rabu (18/9) malam kemarin, yakni pembentukakan kepanitian yang diantaranya penunjukan Ketua dan Wakil Ketua Panitia. Termasuk pemebentukan bidang-bidang dan seksi-seksi acara telah terbentuk, selanjutnya memasuki tahaopan normatif kepanitiaan, untuk pelaksanaan persiapan acara hingga hari H mendatang.

“Kita terus menyusun acara dengan pihak Steering Committee (SC), dimana akan ada koordinasi lebih jauh. Sebagaimana bahasa yang diungkapkan oleh Sekretaris KNPI Kutim, bahwa untuk Pekan Pemuda 2019, akan kita bikin beda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Mohon doa dan dukungan dari seluruh warga Kutim, untuk kesuksesan acara yang dihelat oleh DPD KNPI Kutim,” ungkap lelaki bertubuh atletis ini. (Arso)

  • " data-pin-do="buttonPin" data-pin-config="beside">