TEST
oleh

Kebakaran Lahan Masih Saja Terjadi di Sangatta Selatan

SANGATTA – Kebakaran hutan dan lahan masih saja terjadi di Kutai Timur, kali ini di wilayah Jl Poros Sangatta – Bontang, Kecamatan Sangatta Selatan pada Minggu (22/9) siang, tepatnya pukul 14.10 Wita.

Tim Karhutla Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kutai Timur, dibantu Damkar, TNI dan Polri, KPHP, Manggala Agni, hingga PMI. Berjibaku melakukan pemadaman pada lahan yang terbakar di Gg Mandar, Sangatta Selatan.

Kepala BPBD Syafruddin Syam didampingi Sukasno Pusdalops BPBD Kutim menyebutkan upaya pemadaman dilakukan, agar titik api dapat padam dan tidak membakar lahan dengan luasan yang lebih besar lagi.

“Luas area lahan yang terbakar yakni lebih dari 30 hektar lebih. Dimana Tim Karhutla Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kutai Timur sebelumnya menerima laporan dari masyarakat, untuk kemudian bersama tim gabungan langsung menuju lokasi kebakaran lahan,” jelasnya saat ditemui wartakutim.co.id.

Lebih jauh diterangkan Sukasno, kondisi lahan yang berupa semak belukar agak sedikit menyulitkan tim untuk memadamkannya. Api sendiri berhasil dipadamkan pada pukul 18.15 Wita, dan seluruh tim gabungan kembali ke posko masing-masing.

“Unit dilapangan yang diterjunkan, 1 unit mobil tangki BPBD Kutim, 2 unit mobil Damkar, 1 unit mobil KPHP, 1 unit mobil tangki Manggala Agni. Dengan titik koordinat 0,50884, 117, 50633, 5,1m, 104°. Kami juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk menjaga dan menghindari pembakaran lahan di musim kemarau, mengingat dampaknya amat berbahaya bagi lingkungan. Selain itu berdampak pada kesehatan masyarakat dan patut diingat, membakar lahan dapat dikenai Undang-undang,” jelas Pusdalops BPBD Kutim. (Arso)

  • " data-pin-do="buttonPin" data-pin-config="beside">