oleh

Fraksi Kebangkitan Indonesia Raya Memberi Warna Lain di DPRD Kutim

SANGATTA – Diantara 7 fraksi yang ada di DPRD Kutim, Fraksi Gabungan Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) merupakan salah-satu fraksi yang siap mewarnai gedung legislatif. Terlebih dalam fraksi tersebut, diisi oeh orang-orang yang berkompeten dan memiliki pengalaman politik yang luar biasa, diranah perpolitikan Kabupaten Kutai Timur.

Kesepakatan bergabungnya dua partai dalam satu fraksi di DPRD Kutim, yakni Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa dilakukan sejak Agustus 2019 lalu. Terdapat nama Ketua Fraksi yakni David Rante dengan Wakil Ketua Yan, sedangkan untuk Sekretrais Fraksi H. Sobirin Bagus dan anggota Novel Paembonan. Dengan kata lain Gerindra 3 orang dan PKB 1 orang sudah menjadi satiu fraksi utuh dalam memperjuangkan seluruh keinginan masyarakat Kutim, di legislatif.

Ketua Fraksi KIR David Rante

Sekretaris Fraksi KIR Sobirin Bagus menyebutkan, atas kesepemahaman pemikiran dan gerakan antara dua partai ini. Maka ada kesatuan antara keempat orang perwakilan rakyat dari masing-masing Daerah Pemilihan (Dapil), untuk kemudian mampu memberikan warna lain dalam ranah legislatif di DPRD Kutim.

“Satu fraksi minimal 10 persen dari jumlah kursi, dimana kursi anggota DPRD Kutim secara keseluruhan berjumlah 40 kursi. Maka jelas sudah untuk 1 fraksi di DPRD minimal ada 4 buah kursi, dimana Gerindra memiliki keterwakilan sebanyak 3 buah kursi di DPRD Kutim diikuti oleh PKB 1 kursi, sehingga ini amat pas komposisinya,” jelas mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia Kutim ini.

Perlu diketahui selain Fraksi KIR ada Fraksi Amanat Keadilan Berkarya (AKB) sebagai salah-satu dari 2 fraksi gabungan di DPRD Kutim. Untuk sisanya adalah Fraksi utuh yakni PPP, Nasdem, Golkar, PDI-P, dan Demokrat. Untuk Fraksi PPP diketuai Muhammad Ali, Fraksi Nasdem dipimpin Kamsiah Rahman, Fraksi Golkar diketuai Sayid Anjas, Ketua Fraksi PDI Perjuangan adalah Siang Geah. Selanjutnya untuk Fraksi Demokrat dipimpin oleh Alfian Aswad, dan Fraksi AKB diketuai oleh Asmawardi. (Arso)

  • " data-pin-do="buttonPin" data-pin-config="beside">