Berita

Pelatihan TIK Diharapkan Setiap OPD Mampu Meningkatkan Kompetensi teknik Jaringan

45
×

Pelatihan TIK Diharapkan Setiap OPD Mampu Meningkatkan Kompetensi teknik Jaringan

Sebarkan artikel ini
Pelatihan TIK Diharapkan Setiap OPD Mampu Meningkatkan Kompetensi teknik Jaringan

SANGATTA – Saat ini dunia industri global sedang memasuki era baru yang dikenal sebagai revolusi industri 4.0 atau yang juga dikenal sebagai era digital 4.0 yakni fase baru di revolusi industri yang  fokus interkonektivitas, otomatisasi, machine learning dan real time data.

Perkembangan teknologi informasi memacu untuk memasuki era baru dalam kehidupan. Kehidupan seperti ini dikenal dengan e-life  (elektronik life) artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik. Dan sekarang ini sedang marak berbagai huruf yang diawali dengan huruf awalan e, seperti e-commerce, e-government, e-libraly, e-journal, e-medichine, e-laboratory, e-biodiversity serta lainnya yang berbasis elektronika.

Guna meningkatkan kompetensi teknik jaringan computer (TIK) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kutim dalam hal menggunakan atau mengelola TIK secara profesional  dalam melaksanakan pekerjaan masing-masing OPD dan mendukung pelayanan publik, Dinas Komunikasi dan Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfo dan Perstik Kutim) menggelar pelatihan jaringan TIK.

Pelatihan yang diikuti 35 peserta yang merupakan perwakilan dari OPD itu, dibuka Plt Asisten Administrasi Umum Rizali Hadir, di ruang Pelangi, Hotel Royal Victoria,  Sangatta, Kutim, Selasa (23/11/2021).

Dalam sambutannya, Rizali Hadi mengatakan teknologi informasi merupakan suatu teknologi yang digunakan untuk mengola data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi, data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas yang informasi relevan, akurat dan tepat waktu. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data sistem jaringan untuk menghubungkan suatu komputer yang lainnya sesuai kebutuhan dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat tersebar dan diakses secara global.

“Selanjutnya tujuan dari kegiatan ini adalah semoga mampu meningkatkan kompetensi teknik jaringan computer (TIK) bagi ASN dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kutim dalam hal menggunakan atau mengelola TIK secara profesional  dalam melaksanakan pekerjaan masing-masing OPD dan mendukung pelayanan publik.,” Rizali yang juga adalah Kepala Dinas Perhubungan Kutim ini. 

TIK Mempermudah Pekerjaan pada SKPD/OPD

Oleh karena itu, sambung Rizali, melalui pelatihan jaringan TIK diharapkan mampu memenuhi tuntutan tersebut. Meski secara kualitas dan kuantitas masih perlu pembinaan lebih lanjut. Disamping mengasah ilmu juga juga mengasah keterampilan dalam jaringan komputer.

Lebih lanjut dikatakan Rizali, dewasa ini istilah data menjadi hal yang lama didorong sebagai proses mempermudah pekerjaan pada SKPD ditingkat pemerintah kota/kabupaten. Pemanfaatan didukung oleh salah satu infrastruktur penting yaitu jaringan komputer yang baik dan benar. Kebutuhan infrastruktur jaringan komputer pada suatu SKPD membutuhkan daya dukung manajemen jaringan.

“Salah satu alasan yang paling penting saat ini adalah bagaimana mengamankan jaringan tersebut dari tindakan dan ancaman   keamanan terhadap jaringan,” ucapnya.

Lebih jauh diuraikannya, manajemen jaringan  dapat mempermudah dalam hal perawatan dan pengembangan jaringan, guna mendukung terwujudnya implementasi dan penggunaan dari satu data ya g dicanangkan pemerintah pusat.

“Harapan kedepannya jaringan dalam infrastruktur satu data ini dapat lebih mudah diimplementasikan pada tingkat struktur terkecil yang nantinya dapat mudah dalam hal menjalankan pekerjaan dan melayani dan kebutuhan masyarakat,” tutup Rizali.