Gemar Olahraga, Mulai Snorkling, Motor, hingga Karate

Wartakutim.co.id, Sangatta –Men Sana In Corpore Sano” memiliki arti, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Istilah latin itu adalah kemungkinan yang paling pas menggambarkan sosok Sayid Anjas, anggota DPRD Kutai Timur yang menggemari olahraga.

Politisi energik dari Partai Golongan Karya (Golkar) itu memang dekat dengan dunia olahraga, suatu sisi lain dari yang kita kenal selama ini. Menjadi politisi adalah pengabdian kepada bangsa dan negera, terutama masyakarat Kutim.

Sebagai pengusaha yang bergerak pada bidang jasa penginapan, ia memiliki resort baik itu yang berlokasi di Kutim dan Berau. Sehingga untuk soal snorkling hingga menyelam, tentu ia jagonya.

“Menyelam akan membuat kita menikmati sensasi keindahan bawah air, walau olahraga ini memiliki resiko cukup tinggi atau berbahaya, namun tantangannya membuat adrenalin kita muncul,” ujarnya.

Kalau soal motor roda dua, jangan ditanya lagi. Lelaki ini termasuk pembina Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kutai Timur. Pada Jum’at (24/6/2022) lalu, ia turut melepas kegiatan Touring Game Bikers Camp di halaman Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kutim.

“Untuk melepas kerinduan, maka digelarlah Touring Game Bikers Camp bagi pencinta motor. Terlebih dua tahun terakhir COVID-19 melanda, membuat aktifitas anak-anak pencinta motor terganggu. Selain itu untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama pecinta kuda besi,” tukasnya.

Untuk olaharaga beladiri, Sayid Anjas bahkan menjadi Ketua Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) Kutai Timur. Pada Senin (25/6/2022) lalu, ia melepas atlet-atlet binaanya untuk mengikuti Kejuraan Provinsi (Kejurprov) memperebutkan Piala Gubernur Kaltim 2022.

“Kita pada ajang tersebut mengirimkan atlet-atlet muda asal Kutai Timur. Ada sekitar 27 atlet yang dikirim, mereka merupakan anak-anak dari kecamatan Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Rantau Pulung, hingga Long Mesangat. Pembinaan menjadi tujuan utama dari Forki Kutim, mengejar prestasi jangka panjang,” tegasnya.

Tak salah memang jika anggota DPRD Kutim ini memiliki performance yang tenang lagi menawan, karena dengan rajin berolahraga. Maka memicu hormon endorfin yang berguna meningkatkan emosi positif. Termasuk pula hormon leptin, yakni hormom yang mengatur pola makan dan energi tubuh, serta menimbulkan motivasi tinggi. Sayid Anjas sadar atau tidak, memang menerapkan istilah Men Sana In Corpore Sano. (ADV-DPRD/Imr/Wal)